http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 07 Juni 2015

Klasifikasi Tumbuhan Mangga Dan Mawar

Klasifikasi tumbuhan mangga dan mawar – Seperti yang telah kita semua ketahui, bahwa di alam semesta ini ada banyak sekali jenis tumbuhan yang hidup. Dua diantaranya adalah tumbuhan mangga dan juga tumbuhan mawar. Tumbuhan mangga dan juga tumbuhan mawar memang sama sama masuk dalam jenis tumbuhan, namun jenis nya berbeda.

Tumbuhan mangga merupakan jenis tumbuhan buah buahan sedangkan tumbuhan mawar merupakan jenis tumbuhan bunga bungaan. Kedua jenis tumbuhan tersebut memiliki jenis masing masing yang bermacam macam misalnya dari jenis tumbuhan mangga ada jenis mangga manalagi, dan sebagainya. Sedangkan dari jenis tumbuhan mawar ada jenis tumbuhan mawar merah, ada jenis tumbuhan mawar putih.

Berawal dari banyak nya jenis tumbuhan yang ada di dunia ini, membuat para ahli berfikir untuk mengadakan system klasifikasi baik pada tumbuhan maupun pada hewan, namun karena disini yang sedang dibahas adalah masalah tumbuhan maka kita fokuskan untuk membahas klasifikasi tumbuhan khususnya klasifikasi tumbuhan mangga dan klasifikasi tumbuhan mawar.
Klasifikasi tumbuhan mangga

Tumbuhan mangga adalah jenis tumbuhan buah buahan atau jenis tumbuhan yang menghasilkan buah. Tumbuhan mangga memiliki buah yang rasanya sangat enak dan nikmat selain itu juga kaya akan vitamin yang bagus untuk tubuh manusia. Tumbuhan yang satu ini memiliki ciri berbatang cukup besar, memiliki daun yang berwarna hijau. Berbuah pada musimnya.

Buah mangga memiliki rasa
yang sangat manis, pada saat sudah matang dan kebanyakan warnanya akan berubah menjadi kuning ke orange orangeans. Rasanya sangatlah manis, maka dari itu banyak dari masyarakat yang menyukai buah yang satu ini, namun sayangnya tumbuhan yang satu ini tidak dapat berbuah sepanjang masa, melainkan hanya dapat berbuah pada musimnya saja. Adapun klasifikasi tumbuhan mangga adalah sebagai berikut :
Kingdom : masuk dalam plantae
Divisi : masuk dalam spermatophyte
Sub divisi : masuk dalam angiospermae
Kelas : masuk dalam dicotyledonae
Class : masuk dalam magnoliopsida
Ordo : masuk dalam sapindales
Family : masuk dalam anacardiacea
Genus : masuk dalam mangifera
Spesies : masuk dalam mangifera laurina
Klasifikasi tumbuhan mawar

Tumbuhan mawar adalah salah satu jenis tumbuhan berbunga yang seringkali dijadikan sebagai tumbuhan hias atau tanaman hias. Tumbuhan mawar banyak dijadikan sebagai salah satu tumbuhan hias karena tumbuhan yang satu ini memiliki bunga yang sangat cantik, sehingga banyak diminati masyarakat terutama kaum hawa.

Tumbuhan yang satu ini memiliki ciri ciri khas yaitu memiliki kelopak bunga yang menumpuk, memiliki duri yang terdapat pada batang bunganya sehingga dikenal sebagai tanaman berduri, bunganya berwarna merah atau putih. Klasifikasi tumbuhan mawar adalah sebagai berikut :
Kingdom : masuk plantae
Divisi : masuk spermatophyte
Sub divisi : masuk angiospermae
Kelas : masuk dicotyledonae
Ordo : masuk rosanales
Family : masuk rosaceae
Genus : masuk rosa
Spesies : masuk rosa hybrida
Rating: 4.5