http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 27 Juni 2015

Kebijakan Pemerintah Dalam Mengatasi Inflasi Dan Pengangguran

Kebijakan Pemerintah Dalam Mengatasi Inflasi Dan Pengangguran – Masalah yang dihadapi oleh suatu Negara memang ada banyak sekali terutama Negara Indonesia. Belum selesai mengatasi masalah inflasi atau kenaikan, namun sudah muncul lagi permasalahan lain yang harus segera diatasi yaitu masalah pengangguran. Inflasi dan pengangguran merupakan dua masalah pokok yang sampai saat ini belum bisa diatasi sepenuhnya. Dapat anda lihat dikehidupan sehari hari, jika pada saat ini semakin banyak orang orang yang mengalami pengangguran karena terbatasnya lapangan kerja yang tersedia dan semakin banyak nya mahasiswa mahasiswa yang telah diwisuda, sehingga untuk mengatasi masalah pengangguran harus dengan kebijakan kebijakan yang serius.

Inflasi juga merupakan masalah yang serius yang harus segera diatasi oleh pihak pemerintah, sebab inflasi dan pengangguran merupakan masalah pokok dari pemerintah yang dapat merugikan pemerintahan itu sendiri jika kedua masalah ini tidak secepatnya diatasi. Kedua fenomena ini sungguh sebetulnya menjadi suatu fenomena yang sangat memprihatinkan. Sehingga harus segera diatasi, namun bagaimana kebijakan pemerintah dalam mengatasi inflasi dan pengangguran? Semua akan diuraikan pada penjelasan dibawah.

Inflasi dan pengangguran

Inflasi adalah suatu keadaan dimana semua harga barang dan juga jasa secara serentak mengalami kenaikan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama. Adanya keadaan

inflasi ini biasanya sering terjadi karena disebabkan oleh adanya kenaikan harga BBm sehingga diikuti oleh harga harga yang lain termasuk harga bahan pokok dan juga harga jasa. Sedangkan pengangguran adalah istilah yang sering digunakan untuk orang orang yang belum memiliki pekerjaan yang layak. Penyebab terjadinya pengangguran salah satunya adalah terbatasnya jumlah lapangan kerja yang tersedia sedangkan jumlah pencari kerjanya sangat banyak.

Jika anda menyimak dengan seksama diatas telah dijelaskan bahwa inflasi dan pengangguran merupakan dua masalah pokok yang sedang dihadapi oleh pemerintah pada saat ini. Kedua permasalah tersebut sebenarnya harus segera diatasi secara serius oleh pemerintah. Lalu apa sajakah kebijakan pemerintah dalam mengatasi inflasi? Hal itu akan dijelaskan lebih dalam pada penjelasan dibawah. Baca: Pengertian dan Jenis - Jenis Pengangguran

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi inflasi

Pemerintah memiliki beberapa kebijakan yang digunakan untuk mengatasi masalah inflasi. Berikut adalah tiga kebijakan pemerintah dalam mengatasi inflasi :

  • Kebijakan moneter. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk mengadakan peningkatan pendapatan nasional pemerintah yang dilakukan dengan cara merubah jumlah uang yang sudah beredar, karena salah satu penyebab inflasi adalah banyaknya jumlah uang yang telah beredar. Sehingga dengan adanya kebijakan moneter ini diharapkan bisa mengurangi jumlah uang yang telah beredar dan dapat kembali ke kondisi yang normal.
  • Kebijakan fiscal. Kebijakan yang ada hubungannya dengan masalah finansial atau penerimaan dan juga pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah.
  • Kebijakan non moneter. Cara untuk melaksanakan kebijakan ini adalah dengan menaikan hasil produksi. Baca: Pengertian Pengangguran Friksional dan Struktural
Rating: 4.5