http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 04 Juni 2015

Fungsi Nucleus Dan Reticulum Endoplasma

Fungsi nucleus dan reticulum endoplasma – Setiap kali kita belajar makhluk hidup pasti kita semua tahu bahwa di dalam tubuh makhluk hidup terdapat sel yang membantu kelangsungan hidupnya, baik dari hewan, tumbuhan maupun manusia. Bicara masalah sel merupakan hal wajib setiap kita mengkaji ilmu tentang makhluk hidup karena sel merupakan bagian paling penting yang ada di dalam tubuh makhluk hidup.

Dalam tubuh makhluk hidup ada banyak sekali sel, sel sel tersebut yang membantu makhluk hidup itu untuk melangsungkan hidupnya. Sel sel yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup mempunyai fungsi masing masing. Nucleus dan juga reticulum endoplasma adalah salah satu jenis sel yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Nah, saat ini saya juga akan membahas tentang fungsi nucleus dan juga fungsi reticulum endoplasma.

Apa itu sel nucleus dan reticulum endoplasma? Anda akan segera menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut setelah anda membaca dan mempelajari penjelasan tentang fungsi nucleus dan juga reticulum endoplasma. Simak baik baik supaya ilmu anda tentang sel makhluk hidup dapat bertambah.

Fungsi nucleus

Kita semua tahu bahwa di dalam tubuh makhluk hidup terdapat sel sel penting yang membantu kelangsungan hidupnya. Salah satu sel yang ada didalam tubuh makhluk hidup adalah sel nucleus. Sel nucleus di sebut sebagai inti sel. Sel nucleus merupakan suatu organel yang telah ditemukan didalam sel eukariotik. Sebagian besar sel nucleus mengandung materi genetic yang berbentuk molekul DNA linear yang panjang dan membentuk kromosom berbarengan dengan berbagai ragam jenis protein. Gen gen yang terdapat dalam kromosom itulah yang akan membentuk suatu genom dari inti sel.

Fungsi nucleus atau inti sel adalah untuk menjaga terjadinya integritas gen gen yang ada didalam kromosom dan juga memeriksa aktivitas sel dan juga mengelola ekspresi gen. fungsi nucleus atau inti sel yang lainnya adalah untuk mengorganisasi gen pada saat terjadi proses pembelahan sel, sebagai tempat untuk sintesis ribosom, untuk memproduksi MRNA, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Fungsi reticulum endoplasma

Reticulum endoplasma adalah bagian dari sel yang terdiri dari system membrane. Sekitar bagian reticulum endoplasma merupakan bagian sitoplasma yang sering di sebut sebagai sitosol. Reticulum endoplasma itu sendiri terdiri dari beberapa ruangan kosong yang telah ditutupi dengan sebuah membrane yang memiliki ketebalan kurang lebih empat nano meter dan membrane ini juga melakukan hubungan secara langsung dengan nuclear envelope atau yang disebut dengan selimut nukleus.

Reticulum endplasma mempunyai struktur dan bentuk nya menyerupai kantung yang berlapis lapis. Kantung tersebut disebut dengan cisternae. Fungsi reticulum endoplasma itu bermacam macam tergantung dari jenis nya masing masing. Reticulum endoplasma adalah bagian dari labirin suatu membrane yang banyak sehingga sebagian besar dari membrane yang terdapat dalam sel eukariotik adalah reticulum endoplasma.
Rating: 4.5