http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 08 Juni 2015

Ciri Khusus Tumbuhan Dan Fungsinya

Ciri khusus tumbuhan dan fungsinya – Alam semesta adalah tempat tinggal bagi semua jenis makhluk hidup dan satu diantaranya adalah tumbuhan. Tumbuhan merupakan jenis makhluk hidup yang memiliki ciri mempunyai organ tubuh berupa akar, batang, daun, bunga dan juga buah. Tumbuhan memiliki bentuk akar yang bermacam macam, memiliki ukuran batang yang bermacam macam pula, mempunyai daun yang berbeda beda dan juga memiliki bunga dan juga buah yang berbeda pula.

Ada banyak banget jenis tumbuhan yang hidup di dunia ini, seperti tumbuhan teratai, tumbuhan venus, tumbuhan kantong semar dan masih banyak lagi jenis tumbuhan yang lainnya. Tumbuhan tumbuhan tersebut memiliki ciri ciri yang berbeda beda. Adanya ciri ciri yang berbeda pada setiap tumbuhan adalah untuk membedakan jenis tumbuhan yang satu dengan tumbuhan yang lain, sehingga anda dapat dengan mudah memahami dan juga membedakan jenis jenis tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar.

Setelah anda mengetahui ciri ciri khusus yang terdapat pada tumbuhan anda dapat lebih mudah mempelajari jenis jenis tumbuhan. setiap tumbuhan yang hidup di alam semesta ini juga memiliki fungsi yang berbeda beda pada setiap jenis tumbuhan. adapun untuk masalah ciri khusus tumbuhan dan juga fungsinya akan dibahas pada ulasan di bawah ini.

Ciri khusus tumbuhan

Anda pasti sudah tahu bukan jika di dunia ini ada banyak sekali jenis tumbuhan yang ada di dunia ini. Salah satu jenis tumbuhan tersebut adalah tumbuhan teratai. Tumbuhan teratai adalah jenis tumbuhan yang hidup di air. Tumbuhan ini dapat hidup mengambang di atas air, sebab tumbuhan ini memiliki daun yang lebar dan dapat mengambang diatas permukaan air.

Salah satu ciri khusus tumbuhan teratai adalah hidup diatas permukaan air. Adapaun ciri lain dari tumbuhan mawar adalah sebagai berikut :
Tumbuhan teratai mempunyai daun yang berbentuk bundar, lebar dan juga dapat menyerap cahaya yang sangat banyak
Tumbuhan teratai mempunyai batang berongga udara, hal inilah yang dapat membantu tumbuhan teratai dalam menyalurkan oksigen untuk disampaikan ke akar. Sehingga tumbuhan teratai dapat hidup mengapung diatas air

Fungsi tumbuhan

Hampir semua jenis tumbuhan yang hidup di dunia ini memiliki fungsi yang berbeda beda. Seperti tumbuhan obat, fungsi dari tumbuhan obat adalah untuk mengobati penyakit. Tumbuhan hias, fungsi tumbuhan hias adalah untuk menghiasi halaman rumah supaya halaman nampak lebih indah dan cantik. Tumbuhan pangan seperti tumbuhan padi. Tumbuhan padi berfungsi sebagai salah satu tumbuhan pengahasil pangan. Tumbuhan buah, fungsi tumbuhan buah adalah untuk menghasilkan buah buahan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Sehingga dapat dikatakan bahwa hampir semua jenis tumbuhan yang hidup di ala mini memiliki fungsi untuk kehidupan.
Rating: 4.5