http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 26 Juni 2015

Cara Mengatasi Inflasi

Cara mengatasi inflasi – Kita sering kali mendengar kata inflasi pada saat terjadi keniakan harga barang barang secara serentak. Kenaikan harga tersebut biasanya terjadi pada saat menjelang ramadhan, menjelang lebaran dan juga dampak dari kenaikan BBM. Kenaikan harga harga barang dan juga jasa yang terjadi secara serentak dan terjadi dalam kurun waktu yang lama itulah yang dimaksud dengan inflasi. Jadi tidak heran jika kita seringkali mendengar kata inflasi pada saat terjadi kenaikan harga harga di Negara ini.

Kenaikan harga harga atau inflasi bukan hanya terjadi di Negara Indonesia saja, namun inflasi juga biasa terjadi di Negara Negara lain yang ada di dunia ini, baik itu Negara maju maupun Negara berkembang. Hampir semua Negara yang ada di dunia ini pernah mengalami namanya inflasi, hanya saja inflasi yang terjadi di Negara yang satu dengan Negara yang lainnya itu berbeda tingkatanya. Inflasi ada beberapa macam yang dibagi berdasarkan tingkat keparahannya. Jika inflasi terjadi dalam waktu yang berkepanjangan bagaimana jadinya Negara ini? Maka dari itu pemerintah harus mempunyai cara untuk mengatasi inflasi yang kerap kali terjadi.

Mengatasi inflasi


Terjadinya inflasi di dunia pasti ada penyebabnya, karena tidak ada akibat jika tidak didahului dengan sebab. Jadi cara mengatasi inflasi yang tepat adalah dengan mengetahui penyebab terjadinya inflasi tersebut. Salah satu dampak paling sering mengakibatkan terjadinya inflasi adalah adanya pihak pihak tertentu yang mengijinkan adanya kenaikan minyak dunia dan juga subprime mortgage yang telah terjadi di Negara amerika. Adanya kenaikan harga minyak dunia diikuti dengan harga harga barang dan juga jasa yang ada di dunia. Nah, dari adanya gejolak tersebutlah yang sering kali mengakibatkan terjadinya inflasi.

Adanya inflasi di Negara ini akan membuat Negara menjadi berantakan jadi harus ada cara untuk mengatasi permasalahan inflasi yang terjadi. Bagaimana cara mengatasi inflasi tersebut? Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa untuk mengatasi inflasi harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, jika sudah diketahui penyebab terjadinya inflasi maka barulah kita semua mencari cara yang paling pas untuk mengatasi terjadinya inflasi. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi terjadinya inflasi. Cara tersebut akan diuraikan dibawah.

Cara mengatasi inflasi


Ada beberapa cara untuk mengatasi inflasi, salah satu cara mengatasi inflasi adalah melakukan tindakan kebijakan moneter. Kebijakan moneter itu sendiri adalah suatu kebijakan atau kegiatan yang memiliki tujuan untuk melakukan peningkatan pendapatan Negara yang dilakukan dengan cara mengubah adanya jumlah uang yang telah beredar di masyarakat. Penyebab dari inflasi itu sendiri karena jumlah dari uang telah beredar di masyarakat itu terlalu besar jadi dengan dilakukan nya suatu kebijakan moneter ini diharapkan bisa mengurangi jumlah uang yang beredar sehingga dapat menuju pada kondisi yang normal kembali.
Rating: 4.5