http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 17 Mei 2015

Klasifikasi Tumbuhan Dikotil Monokotil Dan Contohnya

Klasifikasi tumbuhan dikotil monokotil dan contohnya – Pada dsarnya pembahasan materi mengenai tumbuhan dikotil dan monokotil itu adalah bagian dari materi tentang enis tumbuhan tingkat tinggi. Namun, pada kesematan kali ini saya akan membahas tentang klasifikasi tumbuhan dikotil dan monokotil beserta contoh contohnya.

Apakah yang dimaksud dengan tumbuhan monokotil dan juga tumbuhan dikotil? Dan apa sajakah contoh contohnya? Mari kita bahas secara bersama sama, tentang klasifikasi dan juga contoh dati tumbuhan dikotil dan monokotil. Pada dasarnya jika berbicara masalah tumbuhan ada banyak sekali yang mesti dibahas, namun, jika harus dibahas dalam satu kesempatan saja, hal itu tidak akan selsesai sebab ada banyak sekali yang mesti dibahas misalnya tentang tumbuhan biji ada tumbuhan biji terbuka dan biji tertutup, tumbuhan tingkat tinggi dan tingkat rendah, tumbuhan pembuh dan tak berpembuluh, dan lain lain. Maka dari itu disini hanya akan di bahas tentang klsifikasi dan juga contoh dari tumbuhan dikotil dan monokotil.
Klasifikasi tumbuhan dikotil monokotil

Sebelum kita bahas tentang klasifikasi tumbuhan dikotil monokotil, kita bahas dulu tentang pengertian tumbuhan dikotil dan monokotil. Tumbuhan dikotil adalah jens tumbuhan yang berkeping dua. Sedangkan tumbuhan monokotil adalah jenis tumbuhan yang berkeping satu. Tumbuhan monokotil dan juga tumbuhan dikotil memiliki ciri ciri khusus, ciri ciri dari tumbuhan dikotil adalah memiiki akar yang tunggang, memiliki daun yang berbentuk menyirip, memiliki keping biji berjumlah dua, dan lain lain.

Ciri ciri tumbuhan monokoti adalah
memiliki akar yangberbentuk serabut, bentuk tulangnya melengkung, mempunyai tudung akar, mempunyai biji yang berkeping satu. Selain memiliki ciri ciri khusus jenis tumbuhan dikoti dan monokotil juga telah diklasifikasikan berdasarkan tatanama yang berstandar internasional yang telah ditetapkan oleh para ahli. Berikut adalah contoh klasifikasi tumbuhan dikotil ( tumbuhan ubi kayu ) :
Kingdom : masuk dalam Plantae
Divisio : masuk dalam Spermatophyta
Sub Divisio : masuk dalam Angiospermae
Kelas : masuk dalam Dicotilae
Ordo : masuk dalam Euphorbiales
Famili : masuk dalam Euphorbiaceae
Genus : masuk dalam Manihot
Species : masuk dalam Manihot utilissima

Klasifikasi tumbuhan monokotil :

berikut adalah klasifikasi dari tumbuhan monokotil :

Kingdom : masuk dalam Plantae (Tumbuhan
Divisi : masuk dalam Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : masuk dalam Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : masuk dalam Commelinidae
Ordo : masuk dalam Poales
Famili : masuk dalam Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus : masuk dalam Zea
Spesies : masuk dalam Zea mays L
Contoh tumbuhan dikotil monokotil

Seperti yang kita ketahi bahwa tumbuhan dikotil dan monokotil ada banyak sekali contohnya. Contoh dari tumbuhan dikotil adalah jambu biji, jambu air, terong, tomat, bunga matahari, mangga, makhoni dan lain lain. Sedangkan contoh dari tumbuhan monokotil adalah jagung, sagu, kelapa, kunyit, anggrek, pisang, dan lain lain.
Rating: 4.5