http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 08 Mei 2015

Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Contoh Protista Mirip Tumbuhan

Sebelum kita bahas tentang klasifikasi protista mirip tumbuhan, ciri ciri protista mirip tumbuhan dan juga contoh protista mirip tumbuhan. Anda harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan protista. Protista merupakan mikroorganisme eukariota yang bukan merupakan jenis tumbuhan, hewan dan juga bukan merupakan jenis fungus. Semua mikroorganisme itu disatukan ke dalam jenis protista, akan tetapi pada saat ini jenis protista tersebut sudah tidak bisa dipertahankan lagi.

Protista sering kali digunakan dalam hal kajian morfologi dan juga ekologi terhadap semua organism yang memiliki sel tunggal dan hidup mandiri atau jika terbentuk sebuah koloni sama sama tetapi hal itu tidak menunjukan referensiasi jadi sebuah jaringan yang berbeda.

Jika dilihat dari sudut taksonomi sebab ditinggalkannya pengelompokan pada jenis ini karena memiliki sifat parafiletik. Setiap organism yang ada didalam suatu protista tidaklah mempunyai persamaan, terkecuali pada jenis pengelompokan yang mudah, hal itu terjadi pada siapapun baik itu jenis yang memiliki sel satu maupun yang memiliki sel banyak tanpa mempunyai sebuah jaringan. 

Protista hidup di semua lingkungan yang banyak terdapat air. Di dunia ini banyak ditemui jenis protista yang menyerupai tumbuhan seperti algae. Algae merupakan fotosintetik dan juga produsen primer dalam sebuah ekosistem khususnya pada didaerah laut. Jenis ptotista lain yang ada didunia ini adalah apicomplexa dan juga kinetoplastid, jenis protista ini merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia.

Klasifikasi dan ciri ciri protista

mirip tumbuhan Protista merupakan sebuah mokroorganisme yang bukan hewan dan juga bukan tumbuhan, namun ada sebagian protista yang bentuknya menyerupai bentuk hewan maupun bentuk tumbuhan. Setelah anda mempelajari tentang pengertian protista, anda juga harus mempelajari tentang klasifikasi dan ciri ciri protista mirip tumbuhan dan juga protista yang mirip hewan. Akan tetapi saat ini saya hanya akan mengulas tentang jenis protista yang mirip dengan tumbuhan saja.

Jenis protista yang hidup di dunia ini ada banyak sekali mulai dari yang bersel satu dan ada juga protista yang bersel banyak. Salah satu contoh protista yang ada di dunia ini adalah alga. Klasifikasi dari protista jenis alga ini diklasifikasikan berdasarkan atas pigmen pigmen dominan yang dimiliki oleh protista tersebut, dan juga berdasarkan pada komponen, jumlah serta posisi flagella dan juga penyusun dinding sel dan bentuk dari makanan cadangannya. Alga dikelompokan menjadi beberapa bagian, salah satu diantaranya adalah clorophyta atau disebut dengan ganggang hijau. Ciri ciri dari clorophyta adalah :
  1. Dalam tubuhnya terdapat klorofil yang berwarna hijau
  2. Hidupnya melayang diatas air baik air tawar maupun air laut 
  3. Hanya memiliki satu sel yang menyerupai benang 
  4. Memiliki dinding sel dan cadangan makanan disimpan pada organ yang memiliki bentuk yang bulat

Contoh protista mirip tumbuhan

Jenis protista ada banyak sekali, ada yang menyerupai hewan, menyerupai jamur dan adapula protista yang menyerupai tumbuhan. Salah satu contoh protista mirip tumbuhan adalah algae. Algae memiliki beberapa jenis diantaranya adalah :
  • Alga hijau, misalnya ulva
  • Alga merah, misalnya porphyra 
  • Heterokontophyta, misalnya makrocystis 
  • Alga keemasan
Rating: 4.5