http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 13 Mei 2015

Jaringan Pada Hewan Dan Tumbuhan

Jaringan pada hewan dan tumbuhan – jika kita membahas masalah hewan dan juga tumbuhan, maka anda harus mengetahui bahwa sesungguhnya didalam tubuh hewan dan juga tubuh tumbuhan terdapat beberapa jaringan yang berfungsi untuk tubuhnya. Hewan dan tumbuhan merupakan jenis makhluk hidup yang ada di dunia maka dari itu di dalam tubuhnya terdapat jaringan jaringan yang sangat penting bagi kelangsungan hidupnya.

Apa saja kah jaringan yang terdapat di dalam tubuh hewan dan juga tubuh tumbuhan? Jika anda sekalian belum tahu atau hanya sedikit tahu tentang jaringan pada hewan dan juga pada tumbuhan, maka anda sudah sangat betul membuka blog yang satu ini. Kenapa bisa demekian? Sebab pada postingan blog yang kali ini, saya akan berbagi pengetahuan tentang jaringan pada hewan dan tumbuhan.

Dengan adanya sedikit tulisan ini, mudah mudahan dapat bermanfaat untuk kita dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita tentang ilmu hewan dan juga tumbuhan. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk kita lihat baca dan juga pelajari bersama penjelasan yang ada di bawah ini.

Jaringan pada hewan

Sebelum kita mempelajari apa saja jaringan yang terdapat di dalam tubuh hewan dan juga tubuh tumbuhan, kita harus tahu dulu tentang pengertian jaringan. Jaringan merupakan perkumpulan beberapa sel yang mempunyai bentuk dan juga fungsi yang sama. Jaringan yang sedikit berbeda bisa melakukan kerja sama dalam satu fungsi fsiologi yang sama pada saat pembentukan organ. Ilmu yang mempelajari jaringan disebut dengan ilmu histology.

Nah, setelah kita tahu tentang pengertian jaringan, kini saatnya kita bahas tentang jaringan pada hewan. Jeringan dasar yang telah membentuk tubuh hewan terdapat empat kelompok, yaitu :
  1. Jaringan epithelium. Jaringan epithelium telah disusun dari beberapa lapisan sel yang telah melapisis semua permukaan organ, misalnya permukaan pada kulit. Jaringan epithelium memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan pada organ yang telah dilapisi, sebagai organ penyerapan dan juga organ sekresi
  2. Jaringan penngikat. Jaringan ini memiliki fungsi untuk menali atau mengikat beberapa jaringan dan juga alat tubuh 
  3. Jaringan saraf. Jaringan saraf memiliki fungsi sebagai pengatur rutinitas otot dan juga organ dan menerima serta meneruskan setiap rangsangan 
  4. Jaringan penyongkong. Jaringan penyongkong memiliki fungsi sebagai pembentuk tubuh, perlindungan tubuh dan juga penguat tubuh hewan tersebut

Jaringan pada tumbuhan

Jika diatas telah dijelaskan tentang apa saja jaringan pada hewan, berikut saya jelaskan tentang jaringan pada tumbuhan. Jaringan yang terdapat pada tubuh tumbuhan adalah sebagai berikut :

Jaringan meristem. Jaringan ini disusun oleh sel meristem, jaringan meristem ada 3 yaitu meristem pucuk yang berada pada ujung batang dan juga akar, meristem tepi yang berada di bawah bagian kulit dan juga meristem antara yang berada pada tepi tepi ruas dan juga pada bagian pangkal pada tangkai dedaunan

Jaringan permanen. Jaringan ini masuk kedalam tiga kelompok yang utama yaitu epidermis merupakan jaringan yang melindungi, jaringan pengangkut yang menyusun sebuah xylem dan juga floem, dan juga jaringan dasar yang meliputi jaringan parenkim, kolenkim, klorenkim dan juga skelerenkim.
Rating: 4.5