http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 09 Mei 2015

Hormon Pada Tumbuhan Dan Hewan

Hormon Pada Tumbuhan Dan Hewan - Jika kita bicara masalah hewan dan tumbuhan itu tidak aka nada habis nya mulai dari klasifikasi tumbuhan dan hewan, nama ilmiah tumbuhan dan hewan, organ yang terdapat dalam tumbuhan dan hewan, hormone pada tumbuhan dan hewan, dan masih banyak lagi yang lainnya yang harus dibahas saat anda mempelajari dan membicarakan masalah hewan dan juga tumbuhan.

Didalam tubuh tumbuhan dan juga hewan terdapat banyak sekali jenis hormone atau dengan istilah lain disebut sebagai zat yang mengatur tubuh. Hormone hormone yang terdapat didalam tubuh tumbuhan maupun tubuh hewan itu dihasilkan dari beberapa macam cara. Ada yang dihasilkan dari dalam tubuhnya sendiri dan adapula yang dihasilkan dari makhluk luar lainnya seperti manusia. Hormone yang dihasilkan dari dalam tubuhnya sendiri sering disebut dengan endogen, sedangkan hormone yang didapatkan dari luar dirinya disebut dengan oksigen. Pengelompokan tersebut dilakukan guna memudahkan dalam pengidentifikasian dan berdasarkan efek fisiologis yang bukan berdasarkan pada kemiripan struktur kimia.

Hormone pada tumbuhan

Berdasarkan atas kesepakatan para ahli, mereka mengelompokan hormone pada tumbuhan menjadi lima bagian yaitu auksin, sitokinin, giberelin, etilena, dan juga asam absisat. Pada tiga kelompok yang uatama itu lebih cenderung memiliki sifat yang positif pada pertumbuhan konsentrasi fsiologis dan juga pada etilena yang bisa mendukung dan juga bisa menghambat proses pertumbuhan, sedangkan pada hormone asam absisat merupakan hormone penghambat proses pertumbuhan atau sering dikenal dengan inhibitor.

Hormone lain selain lima kelompok hormone tersebut juga banyak dikenal kelompok hormone lain yang memiliki fungsi yang sama dengan hormone tumbuhan namun telah diketahui bahwa hormone itu bekerja untuk beberapa kelompok pada tumbuhan atau sering disebut dengan hormone eksogen. Macam macamnya yaitu asam jasmonat, poliamina, brasinosteroid, asam salisilat dan juga karrikin. Didalam hormone tersebut terdapat senyawa sintetik yang berperan sebagai penghambat dalam proses pertumbuhan atau inhibator.

Pengetahuan terhadap hormone pada tumbuhan ini dapat membantu anda dalam hal peningkatan hasil panen atau hasil pertanian karena dapat menemukan zat sintetik yang mempunyai pengaruh yang sama besar dengan hormone yang alami.

Hormone pada hewan

Jika diatas sudah dibahas tentang hormone pada tumbuhan, sekarang kita bahas tentang hormone pada hewan. Selain tumbuhan hewan juga memiliki hormone yang dapat mengatur terjadinya pertumbuhan tubuhnya. Didalam hewan yang berongga atau coelenterate didalam tubuhnya terdapat suatu sel yang dapat menghasilkan neuropeptida, zat tersebut dapat merangsang terjadinya proses pertumbuha, reproduksi dan juga proses regenerasi yang terjadi didalam tubuhnya.

Hormone pada hewan ada berbagai macam jenisnya diantaranya adalah arthropoda yang dihasilkan dari insekta kelompok ini mendapatkan tiga buah hormone yaitu :

Hormone otak, hormone ini disekresikan oleh otak dan dilepaskan oleh factor makanan, suhu, dan cahaya. Hormone otak dapat berfungsi sebagai pemicu terjadinya sekresi hormone juvenile dan juga hormone eksidon

Hormone eksidon memiliki fungsi untuk mengatur suatu kegiatan pergantian kulit hewan atau yang disebut ekdisis

Hormone juvenile, hormone ini memiliki peranan dalam proses penghambatan metamorfosis
Rating: 4.5