http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 30 Mei 2015

Fungsi Sitoplasma Dan Vakuola

Fungsi sitoplasma dan vakuola – Belajar masalah binatang atau hewan secara tidak langsung anda juga akan belajar tentang sesuatu yang ada di dalam tubuh hewan tersebut. Salah satu organnel yang terdapat di dalam tubuh hewan dan juga tumbuhan adalah organel sel. Jika anda belajar tentang hewan dan tumbuhan maka anda akan belajar tentang organel sel yang terdapat pada tubuh hewan maupun tumbuhan. Organel sel yang terdapat di dalam tubuh hewan maupun tumbuhan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kedua jenis makhluk hidup tersebut.

Alasan tersebut diatas lah yang mendorong saya untuk mengulas masalah hewan dan juga tumbuhan pada postingan kali ini khususnya mengulas tentang fungsi sitoplasma dan juga fungsi vakuola. Sitoplasma dan juga vakuola adalah contoh dari berbagai jenis sel yang terdapat di dalam tubuh hewan dan juga tubuh tumbuhan.

Sitoplasma dan vakuola memiliki fungsi yang sama sama penting bagi kelangsungan hidup hewan. Apa sajakah fungsi dari sitoplasma dan juga vakuola? Yuk sama sama kita pelajari masalah fungsi sitoplasma dan juga fungsi vakuola, semoga bisa menambah wawasan kita tentang ilmu hewan dan juga tumbuhan.

Fungsi sitoplasma

Sitoplasma merupakan bagian dari sel hewan yang berupa bahan baku yang mengisi sel dan juga
melarutkan semua makanan dan memproses makanan untuk dirubah menjadi tenaga. Sitoplasma sama sekali tidak mengandung nucleus, sitoplasma terdiri dari sitosol dan organel sel lainnya. Adapun unsure unsure yang terkandung di dalam sitoplasma adalah garam, organic, molekul, air, dan juga enzim yang dapat membantu dalam proses kegiatan tindak balas kimia.

Fungsi sitoplasma adalah untuk memainkan peran yang sangat penting yaitu bergerak sebagi sup molekul yang akan menampung seluruh organel. Seluruh organel organel tersebut akan terapung di dalam sup molekul dan akan tercantumkan pada membrane lemak. Sitoplasma terdapat pada bagian membrane plasma sel yang akan mengelilingi nucleus dan juga menyelubungi seluruh organel.

Sitoplasma merupakan bagian yang paling penting karena sitoplasma lah yang akan menampung seluruh organel yang terdapat di luar nucleus dan sitoplasma juga akan mengekalkan bentuk dari pada sel sel yang ada di dalamnya. Sitoplasma juga merupakan wadah untuk menyimpan semua bahan kimia yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup.
Fungsi vakuola

Vakuola adalah bagian organel sel dari pada tumbuhan. Yang dimaksud dengan vakuola itu sendiri adalah ruang yang terdapat di dalam sel yang terisi oleh cairan, ruang ini berongga dan di selaputi oleh membrane.

Cairan yang terdapat dalam vakuola adalah asam, enzim, alkaloid, garam mineral, basa dan lipid. Vakuola tidal dapat anda temukan pada bagian tubuh hewan karena vakuola hanya terdapat didalam tubuh tumbuhan. Salah satu fungsi vakuola adalah untuk menyimpan cadangan makanan seperti glukosa dan juga amilum.
Rating: 4.5