http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 31 Mei 2015

Fungsi Sel Badan Golgi

Fungsi sel badan golgi – Badan golgi adalah salah satu bagian organel yang terdapat di dalam tubuh hewan. Setiap hewan memiliki organel sel badan golgi. Sebenarnya badan golgi tidak hanya terdapat pada tubuh hewan saja, namun badan gogi terdapat pada semua makhluk yang melaksanakan kegiatan ekskresi, hanya saja namanya berbeda beda antara makhluk yang satu dengan yang lainnya. Jika pada hewan organel sel tersebut disebut badan golgi, pada manusia organel sel tersebut disebut dengan istilah ginjal, hal ini juga berbeda dengan sebutan pada tubuh tumbuhan, badan golgi yang terdapat pada tubuh tumbuhan disebut dengan istilah diktiosom.

Struktur badan golgi yang terdapat di dalam tubuh hewan berupa sebuah berkas kantung yang berbentuk menyerupai sebuah cakram bercabang membentuk rangkaian pembuluh yang sangat kecil. Badan golgi pada hewan di bentuk oleh membrane berupa tubulus dan vesikula. Dari sebuah tubulus tersebut dilepaskan beberapa kantung kantung kecil yang didalamnya terisi oleh bahan bahan yang sangat sibutuhkan oleh tubuh seperti enzim yang sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan dinding sel.

Bisa anda bayangkan betapa pentingnya organel sel badan golgi terhadap kelangsungan hidup hewan, sebab badan golgi sama halnya dengan ginjal bagi manusia. Saat ginjal tersebut sudah tidak berfungsi lagi maka kelangsungan hidupnya dapat terancam. Nah, maka dari itu saya ingin mengulas tentang fungsi sel badan golgi.

Fungsi sel

Sel adalah bagian penting yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup. Didalam tubuh makhluk hidup terdapat beberapa sel yang memiliki fungsi masing masing. Pengertian dari sel itu sendiri adalah sekumpulan materi yang sederhana sebagai sebuah unit penyusun bagi setiap makhluk hidup.

Sel adalah mesin kehidupan bagi makhluk hidup, sebab sel yang akan melakukan seluruk kegiatan kehidupan makhluk hidup mulai dari hal yang paling kecil sampai hal yang paling besar. Adapun fungsi sel itu sendiri adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup dari pada setiap makhluk hidup.

Fungsi badan golgi

Fungsi utama badan golgi adalah bertanggung jawab didalam menangani makromolekul yang dibutuhkan guna fungsi sel yang tepat. Hal ini merupakan suatu proses dan juga paket dari molekul untuk digunakan dalam kegiatan sekresi. Badan golgi memodifikasi seluruh protein yang diterima dari sel reticulum endoplasma yang kasar, akan tetapi hal ini mampu mengangkut lipid menuju bagian yang penting dari pada sel dan menciptakan adanya lisosom. Badan golgi melakukan kerja sama dengan system endomembran sebagai suatu bagian yang terdapat didalam sel eukariotik.

Fungsi lain dari badan golgi adalah sebagai alat untuk memproduksi glikosaminoglikan yang menghilang guna pembentukan bagian dari sebuah jaringan ikat. Badan golgi juga akan memakai link xilosa untuk membentuk proteoglikan. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi badan golgi yang lainnya. Temukan fungsi badan golgi yang lainnya pada postingan postingan yang berikutnya.
Rating: 4.5