http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 27 Mei 2015

Fungsi Ribosom Dan Sentriol

Fungsi ribosom dan sentriol – Ribosom dan juga sentriol, jika anda mengkaji ilmu biologi tentang kajian tumbuhan dan juga hewan, maka anda akan mendengar kata ribosom dan juga sentriol. Ribosom dan juga sentriol adalah salah satu organel sel yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan. Ribosom adalah organel sel yang membantu terjadinya proses fotosintesis.

Pada dasarnya organel sel yang terdapat pada tubuh tumbuhan itu ada banyak jenisnya, namun kali ini saya hanya akan berbagi pengetahuan tentang fungsi ribosom dan juga fungsi sentriol. Pada postingan kali ini anda dapat mengetahui tentang ribosom dan juga fungsi ribosom, selain itu anda juga dapat menambah pengetahuan anda tentang sentriol dan fungsi sentriol.

Tentang ribosom dan sentriol bagi anda yang ahli dalam ilmu biologi pasti kata kata ribosom dan juga sentriol sudah bukan merupakan kata kata yang asing yang jarang di dengar, namun bagi anda kaum yang masih awam dengan ilmu biologi mungkin kata ribosom dan juga sentriol merupakan kata asing yang masih sangat jarang di dengar. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah.

Fungsi ribosom

Ribosom disebut sebagai salah satu organel sel yang terbentuk atas protein ribosom dan juga asam ribomukleat. Ribosom dapat ditemukan secara bebas di dalam sitoplasma hal ini berguna dalam proses pembentukan reticulum endoplasma. Organel sel ribosom tidak mempunyai selaput atau membrane yang dapat berfungsi untuk melindungi organel sel itu sendiri, hal ini dikarenakan organel sel ribosom mempunyai bentuk ukuran yang sangat kecil.

Organel sel ribosom dapat merakit asam amino guna membentuk polipeptida yang akan berubah menjadi protein. Subunit pada organel sel ribosom di produksi di dalam nucleus yang terletak pada inti sel. Berikut adalah beberapa fungsi ribosom :
  • Ribosom dapat berfungsi sebagai alat pembuatan protein di dalam sel biologis dengan menggunakan bahan asam amino
  • Ribosom dapat berfungsi sebagai alat untuk membaca informasi 
  • Ribosom dapat berfungsi sebagai alat transkripsi

Fungsi sentriol

Sentriol merupakan struktur yang terdapat didalam tubuh tumbuhan dan juga hewan yang berbentuk menyerupai bentuk tabung yang berada di dalam sel eukariota. Sentriol yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan dan juga hewan ini ikut terlibat pada saat terjadi pembelahan sel dan juga pembentukan silia dan juga pembentukan flagella.

Sentriol ini tidak dapat anda temukan pada tubuh tumbuhan yang berpembuluh dan juga tidak dapat ditemukan pada fungi. Sepasang sentriol yang terdapat pada tubuh tumbuhan dan juga hewan terpasang secara teratur yang dikelilingi oleh berbagai jenis materi padat dan membentuk struktur gabungan yang sering disebut sebagai sentrosom. Fungsi sentiol adalah untuk membantu proses terjadinya pembelahan sel.
Rating: 4.5