http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 18 Mei 2015

Contoh Tumbuhan Monokotil, Dikotil Dan Epifit

Contoh tumbuhan monokotil dikotil dan epifit – Tumbuhan adalah jenis makhluk hidup yang tinggal di dunia ini selain manusia dan juga hewan. Tumbuhan dikatakan sebagai makhluk hidup karena ia memiliki ciri ciri dari makhluk hidup yaitu berkembangbiak dan juga tumbuh. Selain berkembangbiak dan juga tumbuh, pada dasarnya tumbuhan juga memiliki ciri ciri makhluk hidup yang lainnya yaitu bergerak, namun pergerakan yang dilakukan oleh tumbuhan tidak sama dengan pergerakan yang dilakukan oleh manusia dan juga hewan.

Jika dipelajari secara keseluruhan sebenarnya ada banyak sekali jenis jenis dari tumbuhan yang ada di muka bumi, terutama di daerah Indonesia. Daerah Indonesia dikenal dengan daerah yang kaya akan kekayaan hayati termasuk didalamnya adalah tumbuhan. Jika kita akan mempelajari seluruh jenis tumbuhan yang ada di muka bumi ini, mungkin waktu satu hari tidak akan cukup untuk mempelajarinya, maka dari itu pada kesempatan kali ini, saya hanya akan mengulas tentang beberapa contoh tumbuhan yang ada dimuka bumi ini seperti tumbuhan dikotil, tumbuhan monokotil dan juga tumbuhan epifit.

Ketiga jenis tumbuhan tersebut lah yang akan saya bahas pada postingan kali ini,jenis jenis tumbuhan lain seperti tumbuhan angiospermae, gymnospermae, dan jenis jenis tumbuhan yang lainnya lagi mungkin akan dibahas pada kesempatan yang
mendatang.

Contoh tumbuhan monokotil dan dikotil

Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang berkeping satu. Jika ditinjau dari analisis filogeni, tumbuhan monokotil termasuk salah satu jenis tumbuhan yang memiliki sifat monofiletik ataupun holofiletik. Berdasarkan pada system klasifikasi APG II tumbuhan monokotil telah diakui sebagai suatu klad. Jenis tumbuhan yang satu ini ada banyak sekali termasuk didalamnya adalah jenis tumbuhan yang banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, bahan industry, obat obatan, dan lain lain. Selain tumbuhan monokotil, di Indonesia juga terdapat jenis tumbuhan lain yaitu tumbuhan dikotil.

Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang berkeping dua. Jenis tumbuhan dikatakan sebagi tumbuhan dikotil adalah pada saat tumbuhan tersebut memiliki daun lembaga satu pasang. Daun lembaga yang terdapat didalam tumbuhan dikotil talah terbentuk dari pada saat proses pembentukan biji pada tumbuhan.

Kedua jenis tumbuhan itu sangat sering kita lihat dilingkungan sekitar tempat tinggal kita, bahkan ada beberapa tumbuhan dari tumbuhan tersebut yang sering kali kita manfaatkan sebagai salah satu bahan pangan. Contoh tumbuhan monokotil dan dikotil yaitu tumbuhan ubi ubian, tumbuhan tomat, tumbuhan terong, jagung, padi, sagu dan lain lain.

Contoh tumbuhan epifit

Jenis tumbuhan epfit juga banyak ditemui di Negara Indonesia. Tumbuhan epifit adalah salah satu jenis tumbuhan yang hidupnya diatas tumbuhan yang lain, namun tumbuhan ini bukan termasuk tumbuhan parasit. Contoh tumbuhan epifit yaitu tumbuhan anggrek, tumbuhan nanas nanas an dan juga tumbuhan paku pakuan.
Rating: 4.5