http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 15 Mei 2015

Ciri Khusus Tumbuhan Paku Dan Lumut

Ciri khusus tumbuhan paku dan lumut – Tumbuhan adalah jenis organism yang merupakan jenis regnum plantae. Dalam kelas regnum plantae, didalamnya termasuk jenis pepohonan, rerumputan, terna, paku pakuan, semak, lumut, alga dan lain lain. Di seluruh dunia ada kurang lebih 350 ribu spesies tumbuhan yang hidup di dunia. Hampir semua jenis tumbuhan tersebut memiliki ciri khas sendiri sendiri. Ciri ciri tersebut yang akan membedakan bentuk tumbuhan yang satu dengan tumbuhan yang lainnya. Termasuk tumbuhan paku dan juga tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan juga tumbuhan lumut memiliki ciri khas atau ciri khusus yang terdapat pada tumbuhan tersebut untuk membedakan tumbuhan itu dengan tumbuhan yang lainnya,

Jika bicara masalah tumbuhan, memang tidak ada habisnya, sebab ada saja yang dibicarakan, dari mulai bentuk nya, jenis, klasifikasi, sel, jaringan, dan juga ciri yang terdapat pada tubuh tumbuhan. Jika anda sedang mencari tugas tentang ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan paku dan juga tumbuhan lumut maka disini lah tempat yang pas buat anda, sebab disini akan dibahas tentang ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan paku dan tumbuhan lumut. Semoga postingan yang muungkin hanya sedikit ini, bisa bermanfaat bagi anda dan bagi saya khususnya. Untuk itu yuk sama sama kita pelajari bersama supaya pengetahuan kita tentang masalah tumbuhan bisa bertambah.

Ciri khusus tumbuhan paku

Tumbuhan paku adalah jenis tumbuhan yang sudah mempunyai kromus atau mempunyai daun, batang dan juga akar. Tumbuhan paku merupakan jenis tumbuhan kuno yang masih ada habitatnya sampai saat ini, tumbuhan paku
dapat anda temui di daerah daerah yang lembab, atau daerah yang beriklimkan tropis, jenis tumbuhan yang satu ini tidak dapat tumbuh pada daerah yang memiliki iklim salju atau daerah yang terlalu panas seperti daerah gurun pasir.

Tumbuhan paku memiliki ciri ciri khusus, berikut adalah ciri khusus tumbuhan paku yang dapat saya paparkan :

  • Tumbuhan paku memiliki akar yang mempunyai ciri ciri yang khusus. Akar yang terdapat pada tumbuhan paku memiliki sifat seperti pada akar serabut. Ujung akar tumbuhan paku mendapat perlindungan dari kaliptra yang terdiri dari beberapa sel yang berbeda dengan sel akarnya.
  • Tumbuhan paku memiliki batang yang mempunyai ciri ciri yang khusus. Batang yang terdapat pada tumbuhan paku tidak terlihat seperti batang batang pada jenis tumbuhan yang lainnya, batang yang terdapat pada tumbuhan paku bentuknya menyerupai rimbang rimbang yang mungkin bisa menjalar. 
  • Tumbuhan paku memiliki daun, daun yang terdapat pada tumbuhan paku mempunyai ciri khusus yang dapat membedakan bahwa itu tumbuhan paku. Daun pada tumbuhan paku berbentuk melingkar dan menggulung pada saat daun itu masih muda. Daun pada tumbuhan paku dapat dibedakan dari daging daun, tulang daun dan juga epidermis

Ciri khusus tumbuhan lumut

Tumbuhan lumut adalah jenis tumbuhan dengan divisi bryophyte, jenis tumbuhan lumut berwarna hijau, hal ini disebabkan karena tumbuhan lumut memiliki sel plastid yang dapat memperoleh klorofil a dan juga klorofil b sehingga mendapatkan warna yang hijau. Tumbuhan lumut memiliki ciri ciri yang khusus, berikut adalah ciri khusus tumbuhan lumut :

  1. Tumbuhan lumut memiliki sel penyusun yang sudah dimiliki oleh dinding sel
  2. Semua jenis tumbuhan lumut memiliki persamaan dalam hal bentuk penyususnan gametangiumnya 
  3. Batang dan juga daun yang dimiliki oleh tumbuhan lumut berbentuk tegak dan mempunyai susunan yang berbeda beda
Rating: 4.5