http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 19 Mei 2015

Ciri Ciri Tumbuhan Kantong Semar Dan Tumbuhan Lumut

Ciri ciri tumbuhan kantong semar dan tumbuhan lumut - Di dunia ini ada banyak sekali jenis tumbuhan yang dapat kita temui, termasuk tumbuhan kantong semar dan juga tumbuhan lumut. Selain tumbuhan kantong semar dan juga tumbuhan lumut, masih banyak lagi jenis tumbuhan lain yang ada di dunia ini seperti tumbuhan paku pakuan, tumbuhan anggrek, tumbuhan berpembuluh dan masih banyak lagi jenis tumbuhan yang lainnya.

Setiap jenis tumbuhan yang hidup di dunia ini pasti memiliki ciri ciri baik itu ciri ciri khusus yaitu ciri ciri yang hanya terdapat pada tubuh tumbuhan tersebut maupun ciri ciri umum atau ciri ciri yang bisa saja ditemukan di tumbuhan yang lain. Ciri ciri yang ada pada tubuh tumbuhan adalah untuk membedakan dengan tumbuhan yang lain. Seperti yang telah masyarakat ketahui bahwa ada banyak sekali jenis tumbuhan yang ada, akan tetapi pada saat ini saya hanya akan berbagi pengetahuan tentang tumbuhan kantong semar dan juga tumbuhan lumut. Pada kesempatan ini akan saya bahas tentang ciri ciri dari tumbuhan kantong semar dan juga ciri ciri dari tumbuhan lumut.

Ciri ciri tumbuhan kantong semar

Tumbuhan kantong semar adalah jenis tumbuhan yang memiliki kantong seperti kantong semar, maka dari itu bunga ini diberi nama kantong semar. Tumbuhan kantong semar memiliki nama
latin tropical pitcher plant, jenis tumbuhan ini hidup didaerah tropis. Jenis tumbuhan kantong semar masuk ke dalam genus tumbuhan karnivora. Jenis tumbuhan kantong semar banyak tumbuh di Negara Indonesia, india, Australia, sri lanka, namun, habitat paling banyak dari tumbuhan ini berada di daerah pulau borneo dan juga Sumatra.

Tumbuhan kantong semar memiliki ciri ciri yang dapat membedakan antara tumbuhan kantong semar dengan tumbuhan yang lainnya. Berikut adalah ciri ciri tumbuhan kantong semar :
Tinggi tumbuhan kantong semar kira kira 15 sampai 20 meter
Di ujung daun terdapat salur yang bisa dimodifikasi sebagai bentuk kantong
Memiliki kantong yang digunakan sebagai tempat untuk menangkap binatang yang akan dimakan seperti anak kodok, serangga, dan lain lain

Ciri ciri tumbuhan lumut

Tumbuhan lumut adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki spesies paling banyak. Tumbuhan lumut banyak dijumpai di daerah yang memiliki iklim tropis dan di daerah yang basah dan lembab. Tumbuhan lumut juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bisa beradaptasi pada lingkungan darat. Jenis tumbuhan yang satu ini melakukan perkembangbiakan dengan menggunakan spora. Ciri ciri tumbuhan lumut adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai warna yang hijau, hal ini disebabkan karena jenis tumbuhan lumut memiliki kloroplas
  • Tidak memiliki jaringan pengangkut, sebab struktur penyusun tubuhnya masih sederhana 
  • Proses pengangkutan zat mineral dan air dilakukan dengan cara difusi 
  • Hidup di daerah rawa atau tempat yang memiliki kelembaban
Rating: 4.5