http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 21 Mei 2015

Bagian Sel Hewan Dan Fungsinya

Bagian sel hewan dan fungsinya – jika kita belajar ilmu biologi, pasti kita akan mendengar kata kata sel, baik itu sel pada tumbuhan, sel pada manusia, maupun sel pada hewan. Sel kerap kali kita dengar saat mempelajari ilmu tentang makhluk hidup. Sebab sel merupakan bagian paling penting untuk proses kelangsungan hidup makhluk hidup. Jadi apakah yang dimaksud dengan sel? Jika anda belum faham apa itu sel, berikut akan saya jelaskan tentang pengertian sel. Sel adalah kumpulan dari berbagai materi yang paling sederhana yang hidup dan juga merupakan mesin yang menghidupkan makhluk hidup. Sebab organ sel itulah yang melakukan aktifitas kehidupan makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Dari kebanyakan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini tersusun oleh sel tunggal dan biasanya hal itu disebut dengan organism uniseluler, hal itu terdapat pada contoh bakteri dan juga pada amoeba. Sedangkan makhluk hidup manusia, tumbuhan dan juga hewan itu masuk ke dalam golongan organism multiseluleryang terdiri atas beberapa tipe sel yang special dan menjalankan fungsinya masing masing.

Sel yang terdapat didalam organism multi seluler tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama apabila masing masing sel itu berdiri sendiri. Kumpulan dari beberapa sel yang sama disebut sebagai jaringan sel yang akan membangun berbagai organ lalu system organ sehingga terbentuklah tubuh dari jenis organism tersebut. Misalnya sel otot yang terdapat pada jantung hal itu akan membentuk jaringan jantung.

Nah, kini anda
sudah tahu kan apa itu yang dimaksud dengan sel? Selain itu tentunya anda juga sudah tahu bahwa setiap makhluk hidup yang ada di bumi ini pasti memiliki organ sel, namun saat ini saya hanya akan mengulas tentang sel yang terdapat pada tubuh hewan saja.

Bagian sel hewan

Seperti yang kita ketahui bahwa hewan memiliki sel sel yang sangat penting, sebab bagian sel tersebut yang menjalankan aktifitas yang dilakukan oleh hewan, bagian sel merupakan mesin penggerak bagi tubuh hewan, maka dari itu jika ada salah satu sel yang tidak menjalankan fungsinya dengan baik, hewan tersebut tidak bisa hidup dengan sempurna seperti hewan hewan lain yang memiliki sel sel yang bekerja secara aktif.

Bagian bagian sel hewan tersebut memiliki tugas masing masing dan harus dilakukan guna melangsungkan kelangsungan hidupnya. Bagian bagian sel yang terdapat didalam tubuh hewan diantaranya adalah membrane sel, nucleus, sentrosom, lisosom, sentriol dan masih banyak lagi bagian sel hewan yang lainnya.

Fungsi bagian sel hewan

Setelah dijelaskan tentang pengertian sel dan juga bagian bagian sel yang terdapat didalam tubuh hewan, maka kini saya jelaskan tentang beberapa fungsi dari bagian sel hewan tersebut. Sel yang terdapat didalam tubuh hewan memiliki fungsi masing masing, berikut adalah beberapa fungsi bagian sel hewan :

  • Membrane sel. Membrane sel berfungsi sebagai pengatur dalam kegiatan pertukaran zat, sebagai penerima rangsang dari luar
  • Nucleus. Nucleus memiliki fungsi untuk mengendalikan aktifitas para sel 
  • Sentrosom. Sentrosom berfungsi untuk melakukan pembelahan pada sel 
  • Lisosom. Lisosom berfungsi untuk mencerna bahan makanan yang diperoleh dari luar 
  • Sentriol. Berfungsi untuk mengawasi pembentukan benang pada saat pembelahan sel
Rating: 4.5