http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 28 Mei 2015

Bagian-Bagian Sel Hewan

Bagian-bagian sel hewan – Jika anda belajar tentang ilmu biologi, pasti anda akan mempelajari tentang makhluk hidup dan didalam nya menyangkut hewan. Yah hewan, kenapa didalamnya menyangkut hewan? Karena hewan adalah salah satu bagian dari makhluk hidup yang harus anda pelajari. Maka dari itu saya akan mengulas sedikit tentang hewan khususnya tentang bagian bagian sel yang terdapat dalam tubuh hewan.

Hewan. Apa itu hewan? Saya yakin dalam kehidupan sehari hari anda pasti sering melihat hewan di sekitar tempat tinggal anda, baik itu hewan peliharaan maupun hewan lainnya, seperti ayam, kucing, kelinci, cicak, dan lain lain. Pada dasarnya ada banyak sekali jenis hewan yang ada di muka bumi ini dan hewan hewan tersebut telah di klasifikasikan berdasarkan atas spesies dan kelasnya masing masing, mulai dari jenis hewan tingkat tinggi sampai pada jenis hewan tingkat rendah, semuanya di klasifikasikan sendiri sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya bukan akan membahas tentang klasifikasi hewan, namun saya akan mendalami masalah sel sel yang terdapat pada hewan yaitu bagian bagian sel hewan. Jika saya bahas tentang contoh hewan yang ada di alam semesta ini, saya yakin anda pasti sudah pandai dalam menyebutkan contoh hewan yang terdapat di alam semesta ini, maka dari itu pada kesempatan
kali ini saya lebih mengkhususkan untuk membahas tentang bagian bagian sel yang terdapat pada hewan.

Sel hewan

Dalam tubuh hewan terdapat beberapa sel yang melekat dalam tubuhnya. Yang di maksud dengan sel hewan adalah sesuatu yang menyusun jaringan didalam tubuh hewan. Sel sel yang terdapat pada tubuh hewan berbeda dengan sel sel yang terdapat pada tubuh tumbuhan.

Sel tumbuhan tidak mempunyai dinding sel dan juga kloroplas akan tetapi tumbuhan memiliki vakuola yang bentuknya lebih kecil namun ada juga yang tidak memiliki. Sel yang terdapat pada tubuh hewan ada bermacam macam bentuknya dan setiap sel tersebut memiliki fungsi masing masing. Sel pada hewan terdiri atas sentriol, vesikel, mitokondria, nucleolus, nucleus, kromatin, ribosom, dan masih banyak lagi sel sel lainnya yang terdapat di dalam tubuh hewan.

Bagian sel hewan

Jika kita bicara masalah hewan kita harus tahu tentang bagian bagian sel yang terdapat pada tubuh hewan, sebab bagian bagian sel hewan tersebut lah yang mendukung kelangsungan hidup dari hewan tersebut. Sel yang terdapat pada hewan bisa disebut dengan mesin kehidupan, karena sel sel tersebut memiliki tugas masing masing untuk dapat melangsungkan hidupnya.

Adapun bagian bagian sel terdapat pada tubuh hewan meliputi, mitokondria, ribosom, reticulum endoplasma, badan golgi, lisosom, sentrosom, nucleus atau inti sel, kloroplas, membrane sel atau membrane plasma, dinding sel, sitoplasma, dan vakuola. Masing masing sel tersebut memiliki fungsi masing masing yang harus dijalankan agar kelangsungan hidupnya dapat berlangsung lebih lama.
Rating: 4.5