http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 10 Mei 2015

Anatomi Dan Fisiologi Tumbuhan

Anatomi Dan Fisiologi Tumbuhan - Bicara masalah tumbuhan memag tidak ada habisnya, sebab ada saja yang mesti di bahas. Mulai dari jenis, bentuk, ciri ciri, hormon, anatomi tumbuhan dan juga tentang fisiologi tumbuhan. Apakah anda tahu apa itu anatomi dan fisiologi tumbuhan? Sebelum anda membahas tentang anatomi dan fisiologi tumbuhan anda harus tahu apa itu tumbuhan?

Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada dan tinggal di muka biumi. Tumbuhan memiliki ciri ciri sebagai makhluk hidup yaitu bergerak, selain itu tumbuhan juga memiliki ciri yang lain yaitu tumbuh. Tumbuhan dapat berembang dan tumbuh karena memiliki hormon yang bisa membantu prosespertumbuhan.

Dalam ilmu biologi ada yang namanya anatomi dan fisiologi pada tumbuhan dan hewan. Sekarang saya hanya akan membahas tentang anatomi dan fisiologi yang terjadi pada tumbuhan. Supaya lebih jelas dan lebih paham, yuk kita pelajar bersama ulasan dibawah ini.
Anatomi tumbuhan

Apa itu anatomi tumbuhan? Yang disebut dengan anatomi tumbuhan adalah cara untuk melihat seluruh fisik yang dijadikan sebagai suatu bagian yang jika dilihat secara fungsional hal itu berbeda. Anatomi tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan meode yan digunakan. Pada anatomi tumbuhan menggunakan metode pendekatan, yaitu organ organ yang terdapat pada tumbuhan diekspos dari luar sehingga dalam hal ini tidak diperlukan adanya pemedahan.

Jika dilihat dari sudut hirearki kehidupan sistem anatomi tumbuhan dibagi menjadi tiga macam yaitu :

1. Organologi. Organologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi dan juga srtuktur organ yang dilhat berdasarkan pada jaringan penyusunnya
2. Histologi. Histologi adalah ilmu tentang struktur dan juga fungsi jarigan dilihat dari bentu dan peranan sel penyusunan
3. Sitologi. Sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan juga fungsi sel dan organel yang terdapat di dalamnya. Sitologi sering kali diseebut dengan istilah biologi sel.

Fisiologi tumbuhan

Fisiologi tumbuhan merupakan ilmu cabang dari botanni yang mendalami tentang cara kerja sistem kehidupan yang terdapat di dalam tubuh pada tumbuhan dan juga tentang tanggapannya terhadap pengaruh di lingkungan sekitar. Fisiologi tumbuhan menggabungan aspek ilmu fisika, biologi dan ilmu kimiawi.

Dari fisiologi tumbhan lahir atau diciptakan cabang cabang lain dari campuran ilmu biologi yaitu biofisika dan juga biokimia. Selain itu fisiologi juga bisa mempengaruhi adanya perkembangan pada genetika. Hal yang djadika sebagai obyek dalam ilmu kajian fisiologi tumbuhan adalah biofisika organ, fisika sel, metabolisme, transportasi hara, fotosintesis, regulasi pertumbuhan, dan juga perkembangan serta mekanisme respon yang terjadi pada rangsangan terhadap lingkungan.

Fisiologi tumbuhan sering diterapkan dalam bidang pertanian guna meningkatkan hasil panen. Ada beberapa contoh yang didapatkan darihasil kajian ilmu fisiologi tumbuhan dalam bidang pertanian yaitu tata cara dan teknik emberian pupuk pada tanaman guna meningkatkan hasil panen, selain itu juga untuk mengatur penggunaan zat yang dapat mengatur pertumbuhan.
Rating: 4.5