http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 03 April 2015

Yoga untuk Ibu Hamil

Yoga untuk ibu hamil - Yoga dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh ibu hamil. Senam yoga bermanfaat untuk memperkuat anatomi tubuh, selain itu yoga juga mampu mempertahankan dan meningkatkan kelenturan tubuh.

Latihan yoga secara teratur memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Beberapa gerakan yang terdapat dalam senam yoga mampu memberikan meditasi dan penekanan pernafasan sehingga menimbulkan perasaan tenang pada ibu hamil. Yoga merupakan salah satu olahraga yang mampu meningkatkan energi pada ibu hamil. Latihan yoga juga mampu menghilangkan rasa mual yang biasa dialami oleh ibu hamil. Gerakan-gerakan yoga yang lembut dapat menghilangkan stress dan rasa cemas atau takut melahirkan sehingga dapat meningkatkan kesehatan mental ibu hamil.

Wanita hamil mengalami perubahan bentuk tubuh secara signifikan dari bulan ke bulan. Oleh karena itu gerakan senam yoga ibu hamil disesuaikan dengan usia kehamilan sang ibu. Posisi membungkuk, berbalik dan gerakan yang memberikan penekanan pada perut sebaiknya dihindari karena berbahaya bagi janin dalam kandungan anda. Sebelum mengikuti latihan senam yoga ibu hamil, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan
anda.

Berikut beberapa gerakan yoga untuk ibu hamil :
a. Twisted pose
Untuk melakukan twisted pose anda dalam posisi duduk dengan membentangkan kaki anda ke depan. Perlahan-lahan tekuk kaki kanan anda dan putar posisi badan dari pinggang secara perlahan-lahan ke atas dan ke arah kanan dengan posisi kepala menghadap ke arah kanan. Lakukan gerakan yang sama dengan arah yang berlawanan, atur nafas anda sebaik mungkin. Pose ini bermanfaat untuk otot leher, tangan, bagian bahu dan juga tulang belakang.

b. Angle pose
Untuk melakukan angle pose anda dalam posisi berdiri kemudian buka kaki selebar bahu kemudian secara perlahan-lahan angkat tangan kiri anda dengan siku lurus kemudian badan dicondongkan ke arah kiri dengan posisi badan miring dan bertumpu pada tangan kanan. Tahan posisi ini untuk beberapa saat dan lakukan untuk arah yang berlawanan. Pose ini bermanfaat untuk meregangkan otot-otot pinggang dan bagian atas tubuh anda.

c. Mountain pose
Untuk melakukan mountain pose anda dalam posisi berdiri atau duduk. cara melakukan mountain pose dengan meluruskan posisi punggung kemudian angkat kedua lengan ke atas hingga kedua telapak tangan menyatu di atas. Tahan posisi ini untuk beberapa saat dengan tetap mengatur nafas dan berkonsentraasi. Ulangi gerakan ini untuk bberapa kali.

d. Stick pose
Untuk melakukan stick pose anda dalam posisi berbaring dan tangan berada di samping badan dengan kedua kaki lurus. Angkat tangan perlahan-lahan ke atas dan rasakan peregangan yang dialami badan anda. Pose ini bermanfaat untuk mengurangi ketegangan dan memperbaiki postur tubuh anda.
Demikianlah sekilas tentang yoga untuk ibu hamil, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5