http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 09 April 2015

Pengertian Manajemen

Pengertian manajemen. Jika ditinjau dari segi etimologis, kata manajemen berasal dari salah satu bahasa Negara perancis yaitu kata menegement. Menegement itu sendiri berarti sebuah seni dalam melaksanakan dan juga mengatur. Selama ini belum ada sebuah kata yang tepat dan juga dapat diterima secara umum yang membuat adanya perbedaan pendapat dalam hal pengertian dari setiap para pakar atau para ahlinya. Jika ditinjau dari segi umum manajemen juga dapat dilihat sebagai salah satu disiplin ilmu yang memberikan pelajaran tentang sebuah proses guna mendapatkan tujuan dari organisasi melalui sebuah usaha yang diikuti oleh sejumlah orang. Jika dilihat dari segi umum,manajemen itu sendiri dibedakan atas tiga bentuk yaitu :
· Proses yang terjadi didalamsebuah aktivitas yang saling berhubungan dan berkelanjutan
· Sebuah kegiatan yang diadakan guna mendapatkan tujuan dari adanya organisasi
· Mendapatkan hasil kerja melalui sebuah proses kerjasama dengan beberapa orang dan juga dengan memanfaatkan berbagai sumber yang dimiliki oleh sebuah organisasi

Ada berbagai pendapat yang disampaikan oleh para ahli tentang pengertian dari manajemen. Dan dari setiap ahli yang berpendapat ada sebuah perbedaan dengan para ahli lainnya. Dari berbagai perbedaan pada pengertian manajemen tersebut, disimpulkan bahwa sebuah manajemen dibagi menjadi beberapa segi diantaranya adalah manajemen dilihat dari segi art, segi ilmu pengetahuan, dan juga pengertian manajemen dilihat dari segi proses.

Pengertian manajemen jika dilihat dari segi art. Art adalah seni. Mary Parker Follet berpendapat tentang manajemen dari segi seni. Menurut beliau pengertian manajemen adalah suatu seni yang terdapat didalam sebuah kegiatan untuk menyelasaikan suatu pekerjaan dari orang lain.
Luther Gulick berpendapat tentang pengertian manajemen jika dilihat dari segi ilmu pengetahuan. Beliau berpendapat bahwa manajemen merupakan suatu bidang pengetahuan yang mempunyai sebuah usaha secara sistematis guna memahami kenapa dan bagaimana manusia melakukan kerjasama guna menghasilkan suatu hal yang memiliki manfaat bagi setiap manusia.
Sedangkan James A.F. Stoner berpendapat tentang pengertian manajemen dari segi proses. Beliau berpendapat bahwa manajemen merupakan sebuah proses dari perencanaan, pengorganisasian atau organizing, kepemimipinan atau leadership dan yang terakhir adalah pengawasan pada suatu kegiatan para anggotanya dan juga tujuan sebuah organisasi yang telah diterapkan.

Seorang ahli George R. Terry berpendapat tentang pengertian manajemen. Menurut beliau pengertian manajemen adalah sebuah proses yang berasal dari sebuah perencanaan atau planning, pengorganisasian atau organizing, actuating dan juga pengendalian atau controlling yang dilakukan guna mendapakan suatu tujuan yang sudah ditentukan dari suatu organisasi dengan memakai manusia dan juga sumber daya yang lainnya. Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen adalah sebuah proses yang diawali dari adanya perencanaan kemudian pengorganisasian lalu kepemimpinan dan juga adanya pengendalian sebuah kegiatan para anggota didalam suatu organisasi dan juga merupakan proses pemakaian sumberdaya dari organisasi lain guna mencapai suatu tujuan dari organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Rating: 4.5