http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 20 April 2015

Manfaat Tumbuhan Lumut Dan Paku

Apa yang disebut dengan tumbuhan lumut dan juga tumbuhan paku ? pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan manfaat tumbuhan lumut dan juga pengertian serta manfaat tumbuhan paku. Tumbuhan lumut adalah salah satu tumbuhan kecil yang masuk ke dalam spesies bryophytina. Tumbuhan ini berasal dari bahasa yunani yaitu bryum yang artinya lumut. Tumbuhan lumut juga sering disebut dengan tumbuhan perintis, yaitu tumbuhan yang bisa bertahan hidup ditempat yang tidak disukai oleh tumbuhan yang lain.

Adapun pengertian dari tumbuhan paku adalah salah satu tumbuhan purba yang masih bisa bertahan hidup sampai dengan saat ini, meskipun sekarang jumlah spesiesnya tidak sebanyak pada zaman dahulu. Tumbuhan paku merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bisa hidup di semua tempat, kecuali di daerah padang pasir dan juga daerah yang mempunyai iklim salju.

Manfaat tumbuhan lumut

Setelah kita mengetahui pengertian dari tumbuhan lumut dan juga tumbuhan paku, sekarang kita akan membahas tentang pengertian tumbuhan lumut dan juga tumbuhan paku. Tumbuhan lumut memiliki banyak manfaat, meskipun terkadang kita sedikit kesal jika ada tumbuhan lumut yang tumbuh disekitar halaman rumah kita. Beberapa manfaat tumbuhan lumut adalah sebagai berikut :

  1. Lumut bermanfaat untuk membuat obat 
  2. Lumut bermanfaat sebagai ilmu pengetahuan 
  3. Lumut dapat digunakan sebagai indicator dalam pelajaran biologi guna mengetahui adanya degredasi pada lingkungan 
  4. Lumut dapat dimanfaatkan untuk tempat bertelurnya buaya 
  5. Lumut bisa digunakan untuk membuat taman, tetapi harus memilih jenis lumut yang bagus 
  6. Lumut bermanfaat untuk membuat hiasan rumah

Manfaat tumbuhan paku

Diatas sudah dijelaskan tentang manfaat tumbuhan lumut, sekarang saatnya membahas tentang manfaat tumbuhan paku. Tumbuhan paku sering disebut dengan paku- pakuan, tapi pada dasarnya ada begitu banyak jenis dan ragam dari tumbuhan paku, kurang lebih ada lebih dari sepuluh ribu spesies yang tumbuh di seluruh tempat yang ada didunia, sedangkan di Negara Indonesia terdapat kurang lebih ada tiga ribu spesies tumbuhan paku. Tumbuhan paku banyak memiliki manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Tumbuhan paku dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias dirumah anda, selama anda bisa merawat dan juga memilih jenis tumbuhan paku yang bagus. Tumbuhan paku serng dijadikan sebagai tanaman hias adalah tanduk rusa
  • Tumbuhan paku dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat- obatan seperti, lycopodium, aspidium sp, 
  • Tumbuhan paku dapat dijadikan sebagai sayuran, contohnya marsilea crenata atau yang sering dikenal dengan semanggen 
  • Tumbuhan paku bisa dijadikan sebagai salah satu pupuk yang alami atau sering diebut dengan pupuk hijau
Rating: 4.5