http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 10 April 2015

Manajemen Koperasi

Manajemen koperasi. Sebelum kita bicara tentang manajemen koperasi. Terlebih dahulu saya akan bahas tentang koperasi. Apa itu koperasi? Apakah anda sudah tau apa itu definisi koperasi. Koperasi adalah suatu badan usaha yang berbadan hukum dan terdiri dari beberapa orang sebagai anggotanya, tujuan dari sebuah koperasi adalah untuk mensejahterakan anggotanya. Kegiata koperasi merupakan suatu gerakan yang berazazkan kekeluargaan. Sehingga koperasi tidak pernah membeda- bedakan perlakuannya pada setiap anggotanya. Moh Hatt berpendapat bahwa koperasi adalah suatu usaha yang didirikan secara bersama guna memperbaiki nasib kehidupan ekonomi berdasar rasa tolong menolong.

Setelah kita atuh apa itu koperasi, anda juga harus tahu tentang ilmu manajemen. Apa itu ilmu manajemen? Ilmu manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan juga secara efisien dengan memakai bantuan orang. Bantuan orang yang dimaksud disini meliputi berbagai hal seperti bantuan tenaga, fikiran, dan juga intuisiasnya dalam kegiatan organisasi. M. Terry berpendapat bahwa manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari adanya perencanaan, lalu pengorganisasian, kemudian pelaksanaan dan juga pengawasan pemakaian ilmu dan juga seni secara bersamaan guna mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan.

Setelah kita mengetahui definisi koperasi dan definisi ilmu manajemen, sekarang kita bahas tentang manajemen koperasi. Manajemen koperasi bisa diartikan sebagai proses guna mencapai sebuah tujuan dengan cara melakukan suatu usaha bersama berdasarkan atas sebuah asas kekeluargaan. Untuk mencapai sebuah tujuan dari koperasi kita perlu memperhatikan system manajemen yang baik supaya dapat meraih sebuah tujuan dari koperasi. Untuk itu fungsi fungsi dari manajemen harus diterapkan dalam kegiatan koperasi. Manajemen koperasi secara umum adalah suatu cara yang dilakukan dalam mencapai sebuah tujuan dari koperasi dengan kerjasama sesuai dengan prinsip dan juga nilai koperasi dengan berlandaskan pada asas kekeluargaan.

Manajemen koperasi adalah suatu proses guna mencapai sebuah tujuan usaha yang dilakukan bersama berlandaskan atas asas kekeluargaan. Untuk mencapai sebuah tujuan dari koperasi itu sendiri, anggota koperasi harus memperhatikan adanya sebuah system dari manajemen yang baik, supaya tujuan dari koperasi dapat dicapai. Untuk itu perlu diterapkan fungsi manajemen didalam sebuah koperasi. Artinya disini adalah bahwa sebuah koperasi harus bekerja dengan menerapkan prinsip ekonomi yang berlandaskan atas asas koperasi yang juga mengandung unsure unsure sosial.

Menurut Peter Davis tahun 1999 manajemen koperasi adalah suatu proses didalam manajemen yang dilakukan oleh orang- orang yang diberi kekuasaan dan juga diberikan tanggung jawab agar bisa mengelola koperasi, prinsip prinsip koperasi dan juga nilai nilai koperasi dan kekayaan guna mencapai suatu tujuan. Manajemen koperasi adalah kegiatan yang professional yang dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki tanggung jawab dengan cara mengerahkan semua kemampuan kepemimpinan dan juga menentukan kebijakan guna mengembangkan sebuah koperasi untuk mencapai tujuan berdasar nilai dan prinsip koperasi.
Rating: 4.5