http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 27 April 2015

Jenis Jenis Tumbuhan Paku

Jenis jenis tumbuhan yang hidup di dunia sangatlah banyak jumlahnya. Salah satu jenis tumbuhan yang hidup di dunia adalah tumbuhan paku. Didunia ini ada banyak sekali jenis jenis tumbuhan paku yang dapat anda temui dimanapun.

Apakah yang disebut dengan tumbuhan paku? Tumbuhan paku itu sendiri adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki pembuluh yang sejati. Bicara soal tumbuhan maka merujuk dalam organism yang didalamnya mengandung regnum plantae yang didalamnya terdapat semua organ yang sering disebut dengan semak, pepohonan, paku pakuan, rumput rumputan, lumut, pepohonan, serta didalamya juga terdapat alga hijau. Semua anggota yang ada didalam tumbuhan memiliki sifat autotrof dan juga memperoleh energy secara langsung dari cahaya matahari yang diperoleh dari hasil fotosintesis. Hal ini disebabkan karena warna hijau memiliki dominan dalam proses ini.

Jenis tumbuhan

Jika ditinjau dari jenis nya, tumbuhan memiliki banyak banget jenis. Diantara jenis tumbuhan yang hidup didunia adalah tumbuhan paku, tumbuhan dikotil, tumbuhan monokotil, tumbuhan berpembuluh, tumbuhan tak berpembuluh dan masih banyak lagi jenis tumbuhan lainnya. Menurut dosen UGM jenis tumbuhan yang hidup didunia ada sekitar empat puluh ribu jenis tumbuhan.

Jenis jenis tumbuhan yang ada di dunia

dapat dimanfaatkan unruk kehidupan sehari hari khusunya untuk manusia, dengan adanya begitu banyak jenis tumbuhan bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia, dari beragam jenis tumbuhan yang ada bisa dijadikan sebagai bahan makanan seperti jenis sayur sayuran, bisa juga dimanfaatkan untuk bahan bangunan seperti tumbuhan kayu kayuan, dan adapula jenis tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat obatan seperti jahe, sambiloto, kunyit, jeruk nipis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain memiliki manfaat bagi manusia, tumbuhan juga memiliki manfaat untuk bumi, sebab tanpa adanya tumbuhan bumi akan terasa sangat panas dan juga bisa menyebabkan terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor, dan lain lain.

Tumbuhan paku

Setalah membahas tentang jenis tumbuhan, sekarang kita bahas tentang tumbuhan paku. Tumbuhan paku adalah tumbuhan yang mempunyai system pembuluh yang sejati, namun tidak menghasilkan biji pada system reproduksi seksual yang dilakukannya. Kelompok jenis tumbuhan paku melepaskan spora untuk menyebarkan dan juga memperbanyak spesiesnya, jenis tumbuhan paku meliputi tumbuhan fungi dan juga lumut.

Tumbuhan paku ada diseluruh bagian yang ada didunia, hampir seluruh dunia pasti ditumbuhi tumbuhan paku kecuali pada daerah yang bersalju dan daerah laut. Jenis tumbuhan paku bersifat parafiletik, dari kelompok cabang yang utama adalah tumbuhan berpembuluh menjadi satu kelompok yang meliputi kumpai, paku kawat, rane, dll. Tumbuhan paku bisa dimanfaatkan untuk membuat tanaman hias yang bisa digunakan untuk menghias rumah anda, selain itu tumbuhan paku juga bisa digunakan sebagai obat obatan.
Rating: 4.5