http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 28 April 2015

Hama Dan Penyakit Tumbuhan

Tumbuhan yang hidup didunia pasti tidak lupu dengan yang namanya hama dan juga penyakit. Hama tumbuhan sangatlah banyak, mulai dari tikus, ulat, belalang, dan lain lain. Yang namanya penyakit pada tumbuhan juga sangat banyak jenisnya, dan hampir semua jenis tumbuhan bisa dihinggapi penyakit, mulia dari daun yang menguning, batang yang mengering, dan lain lain.

Bagi anda yang memiliki tumbuhan dirumah ada baiknya jika anda merawat dengan baik tumbuhan anda, sebab tumbuhan anda bisa saja diserang berbagai hama dan penyakit tumbuhan, jika hal itu terjadi anda akan mengalami kerugian sebab hama dan juga penyakit pada tumbuhan bisa menyebabkan gagal panen dan yang lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kematian pada tumbuhan tersebut. Maka dari itu jaga tumbuhan anda dengan sebaik mungkin, usahakan beri pupuk secara rutin dan benar agar tumbuhan anda tidak terserang berbagai hama dan juga penyakit.

Dibawah akan saya ulas tentang hama tubuhan dan juga penyakit tumbuhan, dan semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda dalam menjaga seluruh tanaman anda dari berbagai hama dan ancaman penyakit yang dapat menyerang kapan saja dan dimana saja.

Hama tumbuhan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwasanya tumbuhan tidak selamanya hidup aman tanpa diserang ganguan hama tumbuhan. Hama tumbuhan itu sendiri adalah binatang yang dianggap bisa merugikan, sebab bisa mengganggu pertumbuhan dan juga perkembangan tumbuhan, selain itu binatang tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan dan juga bisa menyebabkan kematian pada tumbuhan.

Tumbuhan tidak selalu bisa hidup bebas tanpa adanya hama dan penyakit tumbuhan, sebab ada banyak sekali jenis hama dan penyakit tumbuhan yang ada. Hama pada tumbuhan biasanya berupa hewan seperti ulat, tikus, wereng, belalang, dan lain lain. Dari berbagai macam jenis hama yang ada semua itu bisa dimusnahkan dengan menggunakan obat obatan, tetapi sebaiknya anda berhati hati ketika menggunakan obat obatan, sebab obat obatan tersebut bisa membahayakan tubuh anda, jika anda salah dalam aturan pemakaiannya. Ada baiknya ketika anda menggunakan obat obatan anda membaca aturan pakainya terlebih dahulu, untuk lebih amannya.

Penyakit tumbuhan

Tumbuhan selain dihinggapi oleh hama juga banyak diganggu oleh penyakit. Penyakit tumbuhan adalah serangan pada tumbuhan yang banyak disebabkan oleh adanya mikro organism seperti jamur, protozoa, cacing, bakteri, dan juga virus. Penyakit yang sering timbul pada tumbuhan banyak disebabkan karena adanya virus yang sering disebarkan lewat angin, udara, air dan juga karena pengaruh lingkungan seperti suhu dan juga kelembaban udara.

Penyakit tumbuhan meliputi CVPD, Mosaik, Rebah, ustilago, dan lain lain. Jenis penyakit tersebut biasanya menyerang tumbuhan jagung jagungan, kecambah, jeruk dan lain lain. Jenis penyakit tumbuhan seperti ini biasanya menyerang dari daun, pada mulanya daun akan berubaha warna menjadi kekuning kuningan dan jika dibiarkan begitu saja maka akan mengalami kematian.
Rating: 4.5