http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 05 April 2015

Gerakan Senam Otak

Gerakan senam otak

Ternyata bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya. Ternyata otak dan fikiran juga membutuhkan olahraga. Salahsatu jenis olahraga untuk otak adalah senam otak.

Senam otak merupakan bentuk senam yang digunakan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi seseorang, juga untuk menyeimbangkan antara kekuatan otak kanan dan otak kiri.

Di bawah ini ada beberapa gerakan senam otak yang difokuskan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya fokus seseorang, dapat juga digunakan untuk menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri.

gambar 1
Berikut beberapa gerakan senam otak yang dapat anda terapkan :
a. Dua tangan di depan dada
Cara melakukan gerakan ini dengan menempelkan 5 jari kanan dengan 5 jari kiri sedangkan kedua tepapak tangan saling berjauhan. Putarlah jempol kanan dan jempol kiri ke arah depan secara bersama-sama seperti gerakan mengayuh sepeda kemudian putar dengan arah berlawanan. Lakukan hal yang sama
dengan memutar jari-jari lain secara bergantian (seperti yang ditunjukkan gambar 1). Ulangi gerakan-gerakan tersebut dengan gerakan semakin cepat.

b. Dua tangan di depan dada
Cara melakukan gerakan ini dengan membuka telapak tangan kiri dan jari-jari menghadap ke atas sedangkan tangan kanan membentuk piston dengan ibu jari keatas dan jari telunjuk menunjuk arah telapak tangan kiri. Kemudian gerakan jari telunjuk hingga menyentuh telapak tangan kiri kemudian lanjutkan dengan tangan kiri sebagai piston dan tangan kanan sebagai target untuk ditembak dengan menyentuh ujung telunjuk kiri pada telapak tangan kanan. Ulangi gerakan tersebut secara berulang-ulang dan bergantian.

c. Telapak tangan kanan diatas kepala sedangkan telapak tangan kiri menempel di perut
Cara melakukan gerakan ini dengan menggerakkan telapak kanan dan menepuk-nepuk rambut secara naik turun, bersamaan dengan itu telapak tangan kiri digerakkan berputar-putar dengan tetap menempel pada perut. Ulangi gerakan tersebut secara bergantian yaitu dengan menepuk-nepuk rambut dengan telapak kiri sedangkan tangan kanan berputar putar di perut.

d. Duduk dengan kedua tangan berada di atas paha
Cara melakukan gerakan ini dengan tangan kanan mengepal kemudian gerakkan tangan naik turun dengan memukul-mukul paha kanan. Sedangkan telapak tangan kiri menghadap kebawah dan gerakkan maju mundur diatas paha kiri. Gerakan kedua tangan harus secara bersamaan. Kemudian ubah gerakan tersebut dengan gerakan sebaliknya yaitu tangan kiri yang melakukan gerakan memukul-mukul sedangkan tangan kanan bergerak maju mundur. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.
Demikianlah beberapa gerakan senam otak, selamat mencoba.
Rating: 4.5