http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 04 April 2015

Gerakan Kaki pada Senam Aerobik

Gerakan kaki merupakan salah satu gerakan utama dalam senam aerobik. Gerakan kaki dilakukan dalam 4 x 8 hitungan. Gerakan kaki dalam senam aerobik dibedakan menjadi beberapa macam.

Macam-macam gerakan kaki pada senam aerobik :

Gerakan kaki dalam senam aerobik dibedakan menjadi :
a. Marching
Sikap awal gerakan marching dengan berdiri dan kedua kaki dirapatkan. Kemudian berjalan di tempat dengan lutut ditekuk 90⁰ atau paha rata-rata air. hitungan selalu jatuh pada kaki kanan yaitu saat kaki kanan turun dan menyentuh lantai segera angkat kaki kiri. Ulangi gerakan tersebut hingga 8 hitungan.

b. Single Step (ke depan/ke samping)
Sikap awal gerakan single step dengan berdiri dan kedua kaki dirapatkan. Pada hitungan pertama kaki kanan melangkah satu langkah ke depan lalu diikuti kaki kiri. Pada hitungan kedua kaki kanan mundur satu langkah ke belakang lalu diikuti kaki kiri. Ulangi hingga 8 hitungan. Untuk gerakan ke samping, pada hitungan ketiga kaki kanan membuka atau melangkah ke samping kanan yang diikuti kaki kiri dan pada hitungan keempat kaki kiri bergerak ke samping kiri yang diikitu oleh kaki kanan. Ulangi gerakan tersebut hingga 8
hitungan.

c. Double Step
Sikap awal gerakan double step dengan berdiri dan kedua kaki dirapatkan. Pada hitungan pertama kaki kanan melangkah ke depan yang diikuti dengan kaki kiri melangkah ke depan dengan melewati kaki kanan. Pada hitungan kedua kaki kanan melangkah ke depan dengan melewati kaki kiri dan ditutup dengan kaki kiri. Pada hitungan ketiga dan keempat melakukan gerakan yan sama tetapi melangkah mundur. Gerakan dimulai dari kaki kanan melangkah ke depan,lalu diikuti langkah kaki kiri ke depan melewati kaki kanan. Gerakan menyamping pada double step hampir sama dengan gerakan single step tetapi gerakannya dilakukan sebanyak dua kali atau dua langkah. Ulangi gerakan tersebut hingga 8 hitungan.

d. Easy walk atau V Step
Sikap awal gerakan easy walk dengan berdiri dan kedua kaki dirapatkan. Pada hitungan pertama kaki kanan melangkah ke depan hingga 45⁰ kemudian kaki kiri bergerak ke samping kaki kanan. Hitungan kedua kaki kanan dan kaki kiri berada pada posisi semula. Ulangi gerakan tersebut hingga 8 hitungan.

e. Grapefine
Sikap awal gerakan grapefine dengan berdiri dan kedua kaki dirapatkan. Pada hitungan pertama dan kedua seperti pada gerakan doule step ke arah samping kanan namun kaki kiri tidak menutup tetapi disilangkan dibelakang kaki kanan. Sikap akhir ialah posisi kaki menutup rapat seperti pada posisi awal. Untuk hitungan ketiga dan keempat gerakannya sama seperti pada hitungan pertama dan kedua tetapi gerakannya ke arah samping kiri. Ulangi gerakan tersebut hingga 8 hitungan.
Demikianlah beberapa jenis gerakan kaki pada senam aerobik, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5