http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 21 April 2015

Gerak Taksis Pada Tumbuhan

Gerak adalah satu bentuk ciri- ciri dari makhluk hidup. Gerakan yang terjadi pada setiap makhluk hidup memiliki tujuan untuk melakukan seluruh rutinitas hidupnya. Gerak pada tubuhan sangatlah berbeda dengan gerak yang dilakukan oleh makhluk hidup lainnya seperti hewan dan juga manusia. Ada banyak banget jenis gerak pada tumbuhan, seperti gerak autonom, gerak esionom, gerak higroskopis. Didalam gerak esionom ada suatu gerakan yang sering dikenal dengan gerak taksis pada tumbuhan.

Gerakan yang terjadi pada tumbuhan memiliki sifat yang pasif, gerakan pada tumbuhan tidak bisa berpindah tempat yaitu tumbuhan itu masih berada di suatu tempat yang sama tidak bisa beralih ketempat yang lain seperti yang sering dilakukan pada hewan dan juga manusia. Gerakan pada tumbuhan bisa terjadi dikarenakan adanya suatu rangsangan atau stimulus dari makhluk hidup yang lain. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwasanya tumbuhan memiliki berbagai jenis gerakan, dan dari masing- masing gerakan tersebut terjadi karena rangsangan yang berbeda- beda dari makhluk yang lainnya.

Gerak pada tumbuhan

Gerak pada tumbuhan terjadi karena adanya rangsangan dari makhluk hidupa yang lainnya. Ada beberapa gerak yang terjadi pada tumbuhan diantaranta adalah :

  1. Gerak autonom. Gerak autonom yaitu gerak yang terjadi pada tumbuhan yang diakibatkan oleh adanya sebuah rangsangan dari luar. Gerak autom sering dikenal dengan gerak endonom atau juga disebut dengan gerak spontan
  2. Gerak esionom. Gerak esionom merupakan gerakan yang terjadi pada tumbuhan yang diakibatkan karena adanya ransangan dari makhluk lain atau ransangan yang tidak berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri. 
  3. Gerak higroskopis. Gerak higroskopis adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi karena adanya perubahan yang terjadi pada kadar air yang terkandung didalam sel tumbuhan dan menyebabkan adanya pengerutan pada tumbuhan.

Gerak taksis pada tumbuhan

Gerak taksis pada tumbuhan adalah suatu gerakan yang terjadi karena adanya ransangan dari luar atau karena adanya ransangan dari makhluk hidup lain seperi hewan dan manusia. Gerakan pada tumbuhan ada juga yang terjadi karena mendapat ransangan dari dalam tubuhnya sendiri. Gerak taksis akan mengakibatkan semua tubuh pada tumbuhan bergerak, rah gerak yang terjadi pada tumbuhan ditentukan dari arah pada ransangannya. Dilihat dari jenis ransangannya, gerak taksis dapat dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Fototaksis adalah suatu gerakan yang terjadi karena mendapat ransangan cahaya
  • Kemotaksia adalah suatu gerakan yang terjadi karena adanya ransangan dari zat kimia 
  • Galvanotaksis adalah gerakan yang terjadi karena mendapat ransangan dari listrik 
  • Termotaksis aadalah gerakan yang terjadi karena adanya pengaruh ransangan suhu 
  • Gravitaksis adalah gerakan yang terjadi akibat adanya ransangan dari gravitasi bumi 
  • Tigmotaksis adalah gerakan yang terjadi karena adanya sentuhan dengan makhluk lain 
  • Reotaksis adalah gerakan yang terjadi karena ransangan air 
  • Phonotaksis adalah gerakan yang terjadi karena adanya ransangan suara
Rating: 4.5