http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 24 April 2015

Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Batang adalah salah satu bagian organ yang terdapat dalam tumbuhan. Batang merupakan sumbu bagi tumbuhan, bisa dikatakan bahwa batang merupakan tulang punggung atau tempat untuk bertumpu dan juga untuk tumbuh oleh organ tumbuhan bagian yang lain seperti daun dan akar.Daun dan akar adalah pembantu batang dalam menjalankan fungsi batang pada tumbuhan secara lebih khusus. Organ organ yang terdapat di dalam tumbuhan antara lain adalah batang, akar, daun, bunga dan juga buah. Organ organ tersebut yang terdapat di dalam tumbuhan memiliki fungsi masing masing untuk kelangsungan hidup bagi tumbuhan itu sendiri.

Fungsi batang bagi tumbuhan

Tumbuhan memiliki organ yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya demi kelangsungan hidupnya. Organ yang terdapat didalam tumbuhan salah satu nya adalah batang. Batang memiliki fungsi yang sangat penting terhadap kelangsungan hidup tumbuhan, sebab batang merupakan tempat tumpuan bagi organ yang lainnya.

Batang mempunyai dua pembuluh yaitu floem dan xilem, tiap tiap pembuluh tersebut memiliki fungsi yang berbeda berbeda. Floem memiliki fungsi untuk mengangkut seluruh makanan yang telah dibuat didalam daun dan diangkut ke seluruh bagian tumbuhan, sedangkan xylem memiliki fungsi untuk mengangkut air dan juga zat hara untuk ditujukan kepada daun. Pada bagian kulit batang ada organ yang bernama lentisel, organ itu berfungsi untuk alat pernafasan bagi tumbuhan. Sedangkan fungsi batang bagi tumbuhan adalah sebagai berikut :

  • Batang sebagai penopang untuk seluruh bagian tumbuhan supaya tetap tegak
  • Batang sebagai alat buat menyalurkan sari sari makanan yang dihasilkan oleh daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan 
  • Batang sebagai alat untuk mengangkut mineral dan juga air dari akar menuju daun 
  • Batang sebagi tempat untuk menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan tertentu 
  • Batang sebagai tempat untuk tumbuh daun cabang dan bunga

Fungsi tumbuhan

Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada di dunia, tumbuhan memiliki organ organ penting didalamnya yang membantu kelangsungan hidupnya seperti daun, batang, akar, bunga dan juga buah. Organ organ tersebut memiliki beberapa fungsi untuk kehidupan tumbuhan itu sendiri, sedangkan tumbuhan juga memiliki fungsi untuk kehidupan manusia, berikut adalah fungsi tumbuhan bagi kehidupan manusia :

  1. Tumbuhan memiliki akar, dan akar itu memiliki fungsi bagi manusia sebab dari akar tumbuhan tersebut bisa dijadikan sebagai obat herbal atau obat tradisional, seperti kunyit, jahe, kencur
  2. Tumbuhan memiliki daun yang berfungsi bagi manusia, missal daun bisa dijadikan sebagai obat seperti daun sambiloto, daun papaya, dan lain lain, daun juga bisa berfungsi sebagai bahan makanan seperti,kangkung, sawi, bayam, daun singkong, dll. 
  3. Tumbuhan memiliki batang yang berfungsi sebagai bahan bangunan 
  4. Tumbuhan memiliki buah yang berfungsi untuk manusia yaitu dapat dimanfaatkan untuk sumber vitamin dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh 
  5. Tumbuhan memiliki bunga yang bisa berfungsi untuk hiasan rumah seperti bunga mawar, kamboja, melati, dll.
Rating: 4.5