http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 23 April 2015

Ciri Ciri Tumbuhan Anggrek Dan Berpembuluh

Bicara tentang dunia tumbuhan, ada banyak sekali spesies tumbuhan yang hidup di lingkungan sekitar, beberapa contoh tumbuhan tersebut adalah tumbuhan anggrek, tumbuhan langka, tumbuhan berpembuluh. Dari berbagai jenis tumbuhan yang hidup, memiliki ciri ciri tersendiri, begitu pula pada tumbuhan anggrek dan juga tumbuhan berpembuluh. Pada artikel kali ini akan kami paparkan ciri ciri tumbuhan anggrek dan juga ciri ciri tumbuhan berpembuluh.

Ciri ciri tumbuhan anggrek

Tumbuhan anggrek adalah jenis tumbuhan yang berspesies bunga-bungaan. Nama lain dari bunga anggrek adalah orchidaceae, bunga anggrek adalah bunga yang paling banyak mempunyai variasi jenis.

Setiap variasi bunga anggrek memiliki cici ciri tersendiri. Anda harus mengetahui tentang ciri ciri tumbuhan anggrek, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam membedakan mana yang tergolong sebagai bunga anggrek dan mana yang bukan bunga anggrek. Berikut akan saya ulas mengenai ciri ciri bunga anggrek secara umum, padahal sebenarnya setiap varian jenis anggrek memiliki ciri ciri khusus yang membedakan antara anggrek yang satu dengan anggrek yang lain, namun untuk kesempatan kali ini saya hanya akan mengulas ciri ciri dari bunga anggrek secara umum. Ciri ciri nya adalah sebagai berikut :

  • Bunga anggrek dapat hidup disituasi cahaya matahari tertentu 
  • Bunga anggrek tidak mempunyai akar serabut yang ada di dalam 
  • Bunga anggrek memiliki jamur akar atau yang sering disebut dengan mikoroza yang terdapat di permukaan akar 
  • Bunga anggrek mempunyai batang yang berbentuk beruas- ruas 
  • Bunga aggrek yang hidup di dalam tanah mempunyai batang yang pendek 
  • Bunga anggrek memiliki daun berbentuk oval dan memiliki tulang daun yang sama dengan bentuk daunnya yaitu memanjang 
  • Bunga anggrek terlihat dari tangkai yang bersifat memanjang dan bunga anggrek bersifat majemuk 
  • Bunga pada bunga anggrek memiliki bentuk simetri bilateral 
  • Bunga anggrek menghasilkan buah yang berbentuk seperti kapsul dan memiliki warna hijau 
  • Biji yang dihasilkan oleh bunga anggrek bentuknya sangat kecil
  • Akar pada bunga anggrek mempunyai organ organ yang memiliki daging atau sering disebut dengan sekulen

Ciri ciri Tumbuhan Berpembuluh

Diantara semua jenis tumbuhan yang tumbuh di dunia dapat dibedakan menjadi tumbuhan berpembuluh dan juga tumbuhan tak berpembuluh. Tumbuhan berpembuluh merupakan salah satu kelompok tumbuhan yang mempunyai system system pembuluh yang sangat jelas dan juga khas guna menyalurkan nutrient yang berasal dari dalam tanah yang disalurkan melalui akar menuju bagian tajuk dan juga untuk menyalurkan berbagai hasil dari metabolisme dan juga hasil fotosintesis dari dedaunan menuju bagian tubuh yang lain. Tumbuhan yang berpembuluh mempunyai batang, akar, dan juga daun sejati, sehingga tumbuhan berpembuluh termasuk dalam golongan kormofita. Tumbuhan berpembuluh memiliki ciri ciri yang dapat membedakan dengan tumbuhan yang tidak berpembuluh. Berikut adalah ciri ciri tumbuhan berpembuluh :

  1. Tumbuhan berpembuluh memiliki batang, akar dan juga daun sejati
  2. Tumbuhan berpembuluh mempunyai susunan tubuh yang kompleks 
  3. Tumbuhan berpembuluh memiliki pembuluh pengangkut, baik xylem maupun floem
Rating: 4.5