http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 22 April 2015

Ciri Ciri Khusus Pada Hewan Dan Tumbuhan

Didunia ada banyak banget jenis makhluk hidup, diataranya adalah manusia, tumbuhan dan juga hewan. Diantara makhluk hidup yang ada di dunia memiliki ciri ciri yang berbeda antara ciri ciri khusus pada hewan, ciri ciri tumbuhan dan juga ciri ciri manusia. Semua makhluk hidup itu memiliki ciri khusus yang berbeda-berbeda.

Ciri khusus yang terdapat pada tumbuhan, hewan, dan manusia berhubungan dengan kemampuan yang dimilikinya untuk mempertahankan hidupnya. Berikut akan kami ulas mengenai ciri ciri khusus pada hewan dan tumbuhan.

Ciri ciri khusus pada hewan

Hewan hewan yang hidup di dunia memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri ciri yang ada pada hewanpun berbeda antara hewan yang satu dengan yang lainnya. Berikut adalah beberapa ciri ciri khusus pada hewan tertentu:

Hewan memiliki lidah panjang dan juga lengket. Lidah ini berfungsi untuk menangkap mangsa yang datang dan berada di dekatnya. Ada beberapa hewan yang memiliki ciri khusus seperti itu, contoh hewan yang mempunyai lidah yang panjang dan juga lengket adalah landak semut, tokek, bunglon, cicak.

Memiliki kemampuan berekolokasi, kemampuan berekolokasi berfungsi untuk mendeteksi benda-benda yang berada diruangan yang gelap. Contoh hewan yang memiliki ciri ekolokasi adalah kelelawar.

Memiliki kulit yang berduri. Ada jenis hewan yang memiliki kulit berduri, kulit berduri ini berfungsi untuk melindungi dirinya dari berbagai musuh dari luar. Contoh hewan yang memiliki ciri kulit berduri adalah landak.

Memiliki kaki berselaput. Ada hewan yang memiliki jenis kaki berselaput, biasanya hewan yang memiliki kaki berselaput adalah jenis hewan yang bisa berenang, sebab selaput yang terdapat pada kakinya berfungsi untuk berenang. Contoh hewan yang memiliki ciri kaki berselaput adalah katak, angsa, dan juga itik.

Memiliki rangka luar. Ada beberapa jenis hewan yang memiliki rangka luar tubuh, rangka ini berfungsi untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Contoh hewan yang memiliki ciri rangka luar adalah udang, kepiting, lobster, dan rajungan.

Ciri ciri pada tumbuhan

Selain hewan, tumbuhan juga memiliki ciri ciri yang khusus, ciri-ciri yang terdapat paada tumbuhanpun berbeda antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya. Berikut adalah beberapa ciri ciri pada tumbuhan :

  • Mempunyai batang berongga. Batang berongga memiliki fungsi untuk mengapung diatas air. Contoh tumbuhan yang memiliki ciri ciri mempunyai batang berongga adalah eceng gondok dan juga teratai
  • Mempunyai daun lebar dan juga tipis. Daun yang lebar dan juga tipis yang dimiliki oleh beberapa tumbuhan tertentu bermanfaat untuk mempercepat proses penguapan air. Contoh tumbuhan yang memiliki ciri brdaun lebar dan juga tipis adalah teratai dan juga talas 
  • Memiliki bau yang busuk. Dari beberapa tumbuhan yang tumbuh didunia ada beberapa jenis tumbuhan yang berbau busuk, salah satu tumbuhan tersebut adalah tumbuhan yang berbentuk bunga. Bau busuk yang di keluarkan oleh bunga berfungsi untuk menarik para serangga yang bisa membantunya dalam proses penyerbukan
Rating: 4.5