http://www.informasi-pendidikan.com/

Jumat, 17 April 2015

Cara Mencangkok Dan Merawat Tumbuhan

Bicara masalah tumbuhan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah cara mencangkok tumbuhan, selain anda harus mengetahui tentang cara untuk mencangkok, anda juga harus tahu tentang cara merawat tumbuhan. Hal yang paling penting dalam memelihara tumbuhan adalah mengetahui cara merawat tumbuhan.

Ada beberapa fungsi dan keuntungan dari mencangkok yang bisa anda dapatkan salaj satunya adalah tanaman dapat menghasilkan buah lebih cepat, meskipun pohonnya masih kecil. Akan tetapi ada juga kekurangannya. Pada zaman sekarang banyak sekali orang- orang yang lebih sering mencangkok tumbuhannya dengan tujuan memperbanyak tumbuhan. Selain mencangkok dan memperbanyak tumbuhan anda juga harus ingat agar selalu merawat tumbuhan.

Cara mencangkok tumbuhan


Mencangkok tumbuhan memang bisa dibilang gampang- gampang susah, kenapa demikian? Sebab, banyak sekali orang- orang yang mengalami kegagalan dalam mencangkok, dan itu tidak dalam jumlah yang sedikit, oleh sebab itu mencangkok dibilang gampang- gampang susah. Jika dilihat kegiatan pencangkokannya sangatlah mudah, tapi untuk hasilnya tidak semua cangkokan bisa tumbuh. Sebelum anda mencangkok, anda harus benar- benar tau tentang cara mencangkok tummbuhan yang benar, agar cangkokan anda bisa tumbuh dan berhasil. Berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan saat mencangkok :

Anda harus memilih pohon yang telah dewasa dan usahakan yang berkambium dan berdiameter 2 cm

Potonglah bagian kulit yang terdapat pada batang yang
anda pilih, kira- kira 15 cm, setelah dikuliti diamkan pohon selama beberapa menit supaya getahnya hilang dan kering

Setelah getah mengering, campurkan tanah liat dan juga air secukupnya kemudian aduk sampai rata tetapi jangan terlalu banyak airny sehingga tekstur tanah terlalu basah.

Tempelkan tanah pada bagian batang yang telah dikuliti dan bungkus memakai serabut kelapa atau memakai plastik, pastikan bahwa semua bagian sudah tertutup oleh tanah, siramlah setiap 3 kali dalam seminggu

Pada saat cangkokan sudah tumbuh, maka potong pada bagian bawah cangkokan menggunakan gergaji agar goyangan yang terjadi tidak berlebihan sehingga membuat cangkokan rusak
Bukalah pembungkusnya dengan hati- hati setelah it tanamlah hasil cangkokan itu pada polybac

Cara merawat tumbuhan

Sebenarnya hal yang paling utama yang harus anda ketahui saat anda menanam tumbuhan adalah cara merawat tumbuhan. Kenapa dikatakan penting? Sebab, jika tanaman itu tidak dirawat atau jika tanaman itu salah didalam perawatannya akan membuat tanaman menjadi rusak atau bahkan bisa juga menjadi mati. Maka dari itu anda harus benar- benar mengetahui cara merawat tumbuhan yang baik. Berikut adalah cara dalam merawat tumbuhan yang baik dan benar :
Melakukan penyiraman tumbuhan secara rutin, adabaiknya jika anda menyiram bunga anda setiap pagi hari dan juga sore hari, agar tumbuhan anda tidak kekurangan air. Kekurangan kadar air juga menyebabkan tanaman menjadi mati. Pada saat anda menyiram tumbuhan, usahakan agar seluruh bagian pada tanaman itu tersiram

Berikan pupuk secukupnya. Saat anda memberikan pupuk, harus tau kebutuhan pupuk yang dibutuhkan oleh tumbuhan itu, agar tidak kelebihan dan juga tidak kekurangan
Kebersihan tumbuhan, perhatikan lingkungan sekitar tumbuhan, usahan agar selalu bersih sehingga tidak ditumbuhi oleh tumbuhan parasit yang bisa menyebabkan tumbuhan menjadi mati.
Rating: 4.5