http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 06 April 2015

Cara Melakukan Senam Yoga

Bagaimana cara melakukan gerakan senam yoga ? gerakan dalam senam yoga dapat anda lakukan di sanggar senam ataupun di rumah. Senam yoga secara teratur memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Yoga dapat meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas tubuh, mengencangkan otot-otot tubuh, meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan daya ingat, dan juga memberikan perasaan tenang. Mengingat banyak sekali manfaat yang diberikan oleh senam yoga, tidak ada salahnya anda mencoba untuk melakukan senam yoga secara teratur. Bagi anda yang tidak mempunyai waktu untuk mengunjungi sanggar senam, anda dapat melakukan beberapa gerakan yoga di rumah.

Cara melakukan gerakan senam yoga dirumah :

a. Standing Forward Fold
Cara melakukan gerakan forward fold dengan posisi awal berdiri tegak, sambil menarik napas kemudian kelurrkan nafas secara perlahan dengan posisi membungkuk. Luruskan kedua tangan ke arah bawah sampai menyentuh lantai. Apabila anda tidak mampu melakukan gerakan ini anda dapat menekuk sedikit lutut anda. Gerakan ini berguna untuk meregangkan bagian belakang tubuh seperti punggung, tulang belikat, betis, dan pantat.

b. Upward Hand Pose
Cara melakukan gerakan upward hand pose dengan posisi awal berdiri tegak sambil menarik nafas secara perlahan-lahan kemudian mengayunkan kedua tangan ke atas. Kedua tangan mengatup di atas kepala sambil punggung ditarik ke arah dalam
hingga membusung. Gerakan ini berguna untuk meregangkan bagian depan tubuh seperti dada, perut, pinggul dan bahu.

c. Mountain Pose
Cara melakukan gerakan mountain pose dengan posisi awal berdiri dan kedua tangan mengatup di depan dada. Kedua kaki dilebarkan sejajar dengan pinggul, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan-lahan. Anda juga boleh mengangkat salah satu kaki untuk melatih keseimbangan tubuh anda secara bergantian. Gerakan ini berguna untuk membuat anda menjadi lebih tenang dan stabil.

d. Plank Pose
Cara melakukan gerakan plank pose dengan posisi awal tengkurap di atas matras kemudian tekuk lutut hingga kedua tangan dapat menyentuh matras. Tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan nafas secara perlahan-lahan sambil meluruskan kaki ke belakang . usahakan agar posisi tangan sejajar dengan bahu dan posisi tubuh lurus. Posisi plank pose hampir sama dengan posisi push-up. Gerakan ini bergunan untuk menguatkan otot bahu dan otot perut.

e. Child’s Pose
Cara melakukan gerakan child’s pose dengan posisi awal tengkurap kemudian berlutut pada lantai dengan kedua posisi kaki saling bersentuhan. Buka lutut selebar pinggul kemudian duduklah pada tumit anda. Kemudian membaringkan tubuh diantara paha lalu bawa dahi anda ke matras. Kedua lengan diluruskan ke depan hingga kedua telapak tangan menyentuh lantai. Tarik nafas dalam-dalam sambil menutup mata dan tahan posisi ini selama 1 menit. Gerakan ini berguna untuk meregangkan paha depan, pinggul, dan punggung.

Demikianlah beberapa cara melakukan senam yoga, selamat mencoba.
Rating: 4.5