http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 30 April 2015

Adaptasi Tumbuhan


Jika bicara masalah adaptasi, adaptasi tidak hanya terjadi pada manusia saja, namun adaptasi juga terjadi pada hewan maupun pada tumbuhan. Adaptasi sangat penting karena adaptasi merupakan proses penyesuaian diri kepada lingkungan sekitar. Adaptasi sangat diperlukan untuk kelangsungan hidupnya, sebab jika makhluk hidup tidak bisa beradabtasi dengan lingkungan akan membuat kelangsungan hidupnya tidak bertahan lama, hal ini tidak hanya dilakukan oleh manusia dan hewan saja, namun adaptasi juga harus dilakukan oleh tumbuhan demi kelangsungan hidupnya supaya bisa bertahan lama.

Adaptasi tumbuhan mempunyai berbagai manfaat bagi tumbuhan itu sendiri maupun bagi makhluk lain yang ada disekitarnya. Jika anda sedang mencari pengetahuan tentang manfaat adaptasi tumbuhan, maka anda harus menyimak artikel berikut ini, sebab artikel berikut akan mengulas tentang masalah adaptasi tumbuhan. Dibawah akan dijelaskan tentang pengertian adpatasi tumbuhan dan juga contoh contoh tumbuhan beradaptasi
Pengertian adaptasi

Pengertian adaptasi adalah salah penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan nya atau penyesuaian terhadap tempat dimana ia tinggal. Makhluk hidup memerlukan adaptasi sebab setiap makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari makhluk yang lain, untuk itu beradabtasi sangatlah diperlukan, hal itu berguna untuk menunjang kelangsungan hidup.


Setiap makhluk hidup yang ada didunia memiliki ciri ciri yang berbeda beda untuk itu diperlukan adnaya adapatasi yaitu untuk memudahkan ia dalam menyesuaikan dengan tempat tinggalnya. Selain bermanfaat terhadap kelangsungan hidupnya, adaptasi juga bermanfaat untuk melindungi diri dari serangan musuh yang datang dari makhluk lainnya.
Contoh contoh tumbuhan adaptasi

Dari berbagai macam jenis tumbuhan yang ada di dunia, mereka mempunyai cara tersendiri untuk beradabtasi dengan lingkungannya. Berikut adalah contoh contoh tumbuhan adaptasi guna kelangsungan hidup, seperti tumbuhan makhoni, jati dan randu. Tumbuhan ini menggugurkan daunnya pada saat kemarau guna mengurangi terjadinya penguapan air sehingga tumbuhan tersebut tetap bisa bertofosintesis meskipun pada musim kemarau. Sehingga tumbuhan ini menggugurkan daunnya pada saat musim kemarau guna mempertahankan kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri.

Tumbuha kaktus, juga melakukan adaptasi guna mempertahankan hidupnya yaitu dengan memiliki duri duri yang terdapat pada daun dan juga memiliki kulit yang berbatang tebal dan juga berongga, hal itu memiliki fungsi agar dapat menyerap air meskipun berada pada jarak yang jauh. Guna melanjutkan kelangsungan hidupnya pada saat terjadi musim kemarau.

Contoh contoh tumbuhan beradabtasi guna melindungi diri dari usuh diantaranya adalah tumbuhan salak, mawar, putri malu, jeruk, durian, dan lain lain. Mereka memiliki duri guna melindungi dirinya dari berbagai macam musuh yang datang dari luar. Selain itu tumbuhan nangka, sawo, sukun, mangga, juga melakukan adaptasi guna melindungi diri dari musuh, mereka beradatasi dengan menggunakan getah yang dimilikinya.
Rating: 4.5