http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 16 Maret 2015

Sistem Pencernaan Ikan

Sistem pencernaan pada ikan tentu saja berbeda dengan hewan darat lainnya, mengingat habitatnya berbeda. Ikan merupakan hewan vertebrata yang hidup di air, baik air laut maupun air tawar

Secara umum alat-alat pencernaan ikan meliputi, rongga mulut, pangkal tenggorokan (faring), kerongkongan (esofagus), lambung, usus, anus. Ikan juga mempunyai kelenjar pencernaan yaitu hati.

Secara umum, mekanisme pencernaan makanan pada ikan, sebagai berikut :
Makanan pertama kali masuk ke dalam rongga mulut. Gigi ikan dijumpai pada rahang atas sedangkan pada rahang bawah terdapat lidah. Ikan juga mempunyai kelenjar ludah. Setelah melewati mulut makanan bergerak melewati pangkal tenggorokan dan kerongkongan menuju lambung. Lambung ikan berukuran agak besar untuk menampung makanan. Selanjutnya makanan bergerak menuju usus dan terjadi proses penyarapan sari sari makanan. Sisa sari sari makanan kemudian dikeluarkan melalui anus.

Seperti yang telah disebutkan di atas ikan mempunyai kelenjar pencernaan. Seperti halnya pada manusia kelenjar pencernaan pada ikan tidak berperan mencerna makanan tetapi memproduksi enzim yang membant proses pencernaan makanan pada ikan.
Kelenjar pencernaan ikan :
a. Hati
Hati ikan terletak pada bagian depan rongga dada dan dikelilingi oleh usus. Hati ikan berwarna merah kecoklatan-coklatan.
b. Kantong empedu
Kantong empedu ikan terletak pada bagian depan hati dan berguna untuk menyimpan cairan empedu. Kantong empedu ikan berwarna kehijau-hijauan dan mempunyai saluran yang menghubungkan kantong empedu dengan usus. Cairan empedu pada ikan berguna untuk mencerna lemak.
Ikan tidak mempunyai pankreas.

Berdasarkan jenis makanannya ikan dibedakan menjadi ikan herbivora yang memakan tumbuhan dan ikan karnivora yaitu ikan yang memakan ikan-ikan kecil. Sistem pencernaan ikan herbivora tentu saja berbeda dengan ikan karnivora.

Berikut perbedaan alat pencernaan ikan herbivora dan ikan karnivora :
a. Ikan herbivora mempunyai gigi yang tumpul dan halus sedangkan ikan karnivora mempunyai gigi yang runcing.
b. Ikan herbivora tidak memiliki lambung dan usus bagian depan ikan herbivora membesar menyerupai bentuk lambung sedangkan pada ikan karnivora lambungnya memanjang.
c. Ikan herbivora mempunyai usus yang lebih panjang dari panjang tubuhnya sedangkan ikan karnivora ususnya lebih pendek dari panjang tubuhnya
d. Ikan herbivora mempunyai tapis insang yang panjang dan rapat sedangkan ikan karnivora mempunyai tapis insang yang pendek dan tidak rapat.

Sistem pencernaan ikan bandeng sedikit berbeda dengan ikan yang lain. Lambung ikan bandeng mempunyai ukuran yang lebih besar daripada ikan yang lain. Hal ini karena ikan bandeng merupakan ikan herbivora yang memakan tumbuhan. lambung ikan bandeng berfungsi untuk menyimpan makanan yang sangat besar, untuk mengaduk atau mencampur makanan dengan getah lambung, dan menyalurkan makanan ke dalam usus. Usus ikan bandeng berukuran 3.3-3.4 m.
Demikianlah sekilas tentang sistem pencernaan ikan, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5