http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 26 Maret 2015

Senam Hamil di Rumah

Senam hamil merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dan juga berguna untuk memperlancar proses persalinan secara normal. Setiap wanita tentu akan mengalami masa kehamilan. Apalagi jika kehamilan anak pertama tentu akan ada perasaan takut, cemas, dan was-was ketika membayangkan proses melahirkan.

Pengertian senam hamil ialah suatu bentuk latihan yang bertujuan untuk memperkuat dan mempertahankan kelenturan dinding perut dan otot-otot dasar panggul yang nantinya dapat mempermudah proses persalinan secara normal. Senam hamil juga berdampak positif bagi perkembangan janin di dalam kandungan sang ibu.

Senam hamil dapat dilakukan sendiri di rumah maupun dengan mendatangi sanggar senam. Senam hamil dirumah sebaiknya dilakukan dengan pegawasan instruktur senam atau yang sudah ahli. Sebelum melakukan senam hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang menangani kehamilan anda.


Berikut beberapa gerakan senam hamil yang bisa dilakukan di rumah :
a. Duduk bersila dengan badan tegak, cobalah rileks dan tenangkan pikiran anda sambil membiarkan tangan berada di depan. Gerakan ini dapat anda lakukan ketika anda sedang santai. Lakukanlah gerakan ini sesering mungkin

b. Posisi badan
merangkak. Usahakan agar posisi lutut dan telapak tangan sejajar dengan lantai. Kemudian tundukkan kepala anda dan lihatlah pada bagian bawah perut anda, secara bersamaan dengan itu cobalah angkat pinggang anda kemudian angkat kepala anda perlahan-lahan sambil menurunkan pinggang anda. Lakukanlah gerakan tersebut dengan mengatur pernafasan anda. Gerakan-gerakan tersebut membuat otot pinggul dan otot perut menjadi lebih lemas. Lakukanlah gerakan tersebut secara teratur dan berulan-ulang .

c. Posisi merangkak dengan menyenderkan kepala anda pada lantai sambil merentangkan tangan anda, usahakan posisi lutut anda tetap tegak. Lakukanlah gerakan i ini dengan kepala yang menoleh ke arah kanan dan ke arah kiri. Bertahanlah selama beberapa menit pada posisi ini atau sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

d. Duduklah di atas kasur, bantal duduk maupun matras dengan posisi kaki mengangkang, condongkan badan ke belakang dengan tangan yang membantu menahan tubuh pada lantai. Kemudian gerakan kaki ke atas, ke bawah, ke samping kanan dan ke samping kiri. Lakukanlah gerakan ini secara berulang-ulang dan teratur.

e. Berbaringlah secara miring atau telentang kemudian angkat kaki secar perlahan-lahan dan peganglah kedua lutut menggunakan tangan. Atur nafas, tenangkan pikiran dan rileks. Gerakan ini dapat anda lakukan setiap malam sebelum anda tidur.

f. Cobalah melakukan gerakan lainnya seperti mengangkat satu kaki secara sejajar lurus menggunakan kursi, tahan kaki yang sedang diangkat selam beberapa menit. Lakukanlah gerakan ini secara bergantian dengan kaki lainnnya. Anda dapt melakukan gerakan ini pada saat santai duduk di kursi sambil menonton televisi. Lakukanlah gerakan ini secara berulang-ulang.
Rating: 4.5