http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 22 Maret 2015

Pengertian Perpindahan Kalor

Pengertian Perpindahan Kalor - Sebelum membahas perpindahan kalor, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan kalor. Apa itu kalor ? dalam kehidupan sehari-hari kalor juga disebut sebagai panas. Kalor atau panas di definisikan sebagai suatu bentuk energi yang mengalir dari benda bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah. Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kalor akan mengalir atau berpindah jika ada perbedaan suhu antara dua medium.

Perpindahan kalor dibedakan menjadi tiga jenis yaitu perpindahan kalor secara radiasi, perpindahan kalor secara konduksi dan perpindahan kalor secara konveksi. Dapatkah kamu menyebutkan masing-masing contoh perpindahan kalor tersebut ?

Saat berkemah dan menyalakan api unggun, badan akan terasa hangat saat berada dekat api unggun, begitupun saat berjemur dipantai dibawah panas terik matahari tubuh akan menghitam karena terbakar panas matahari. Mengapa hal itu dapat terjadi ? kedua peristiwa di atas merupakan contoh peristiwa perpindahan kalor secara radiasi. Apa itu perpindahan kalor secara radiasi ? perpindahan kalor secara radiasi ialah perpindahan kalor secara langsung tanpa memerlukan medium. Panas matahari sampai ke bumi tanpa memerlukan medium karena di ruang angkasa adalah ruang hampa udara.

Pernahkah kamu membuat teh panas ? ketika kamu mengaduk-aduk teh panasmu tangan yang memegang sendok juga akan ikut panas. Dapatkah kamu menjelaskan mengapa hal itu dapat terjadi ? peristiwa yang kamu alami tadi merupakan salah satu contoh perpindahan kalor dengan cara konduksi. Apa yang dimaksud perpindahan kalor dengan cara konduksi ? perpindahan kalor dengan cara konduksi ialah perpindahan kalor tanpa disertai perpindahan molekul zat-zat perantaranya. Umumnya Perpindahan kalor secara konduksi terjadi pada zat padat. Dapatkah kamu menyebutkan contoh perpindahan kalor dengan cara induksi yang sering kamu jumpai ?

Selanjutnya adalah perpindahan kalor dengan cara konveksi. Tahukah kamu apa yang dimaksud perpindahan kalor dengan konveksi ? perpindahan kalor dengan cara konveksi ialah perpindahan kalor dengan disertai perpindahan molekul-molekul zat perantaranya. Berbeda dengan perpindahan kalor secara konduksi yang hanya memindahkan kalornya saja sedangkan zat perantara tidak ikut berpindah pada perpindahan kalor secara konveksi baik kalor maupun molekul zat ikut berpindah. Perpindahan kalor dengn cara konveksi terjadi pada zat cair atau fluida dan gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh perpindahan kalor secara konveksi ? perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada saat merebus air. Awalnya yang mendapat panas ialah bagian air bagian bawah, air yang panas bergerak ke atas dan air yang belum panas turun ke bawah mengisi tempat yang kosong, begitupun seterusnya hingga semua air menjadi panas dan mendidih pada suhu 100⁰C. Demikianlah sekilas tentang pengertian perpindahan kalor, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5