http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 31 Maret 2015

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Meningkatkan kecerdasan anak - Hampir setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas. Meningkatkan kecerdasan anak perlu dilakukan sejak anak berusia balita bahkan sudah dilakukan ketika anak masih berada di dalam kandungan sang ibu.

Berikut beberapa cara meningkatkan kecerdasan anak :
1. Berikan ASI Eksklusif
berikan bayi anda ASI eksklusif selama 9 bulan. Sebuah penelitian di Denmark menunjukkan bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 9 bulan mengalami pertumbuhan signifikan dan mempunyai kecerdasan yang lebih dibandingkan dengan bayi yang mendapat ASI kurang dari 9 bulan.

2. Mencukupi kebutuhan gizi anak
Pada masa pertumbuhan otak membutuhkan beberapa nutrisi penting seperti omega 3 yang banyak terdapat pada ikan. Orang tua perlu membiasakan anak mengkonsumsi ikan,buah-buahan dan sayuran yang masih segar dan hindari memberi junk food atau makanan instan lainnya pada anak. Beberapa penelitian menunjukkan anak yang banyak mengkonsumsi ikan segar, seperti ikan salmon dan ikan tuna mempunyai kecerdasan yang lebih dibandingkan
anak yang tidak suka makan ikan.

3. Mengenalkan musik pada anak
Mengenalkan musik pada anak sudah mulai dilakukan sejak anak masih berada di dalam kandungan. Musik mozart sudah mulai didengar anak sejak anak masih berada dalam kandungan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Toronto menyimpulkan bahwa musik dapat melatih kemampuan otak kanan anak. Anak-anak yang menyukai musik dan cenderung bermain musik mempunyai kemajuan IQ ynag pesat diusia remajanya.

4. Mengenalkan olahraga pada anak
sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois meyimpulkan ada hubungan yang kuat antara prestasi akademik anak dengan kebugaran fisiknya. Olahraga secara teratur mampu meningkatkan aliran oksigen dan aliran darah ke dalam otak, hal inilah yang berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak.

5. Membiasakan anak untuk sarapan
Sarapan merupakan kebiasaan kecil yang bermanfaat besar tetapi sering diabaikan oleh orangtua. Anak yang terbiasa sarapan pagi akan mengalami peningkatan memori dan konsentrasi ketika belajar, sedangkan anak yang tidak sarapan akan mengalami kesulitan konsentrasi belajar dan cepat merasa lelah ketika belajar. Hal ini disebabkan karena pada pagi hari anak tidak mendapat asupan gizi sehingga cepat merasa lelah dan kemampuan otaknya menjadi menurun di siang hari.

6. Membudayakan Membaca
Membaca merupakan salah satu cara untk mengembangkan ranah kognitif anak dan meningkatkan pengetahuan anak. Menurut pakar pendidikan di Amerika Serikat ada 8 aspek yang bekerja ketika anak membaca. Aspek-aspek tersebut adalah aspek sensorik, aspek persepsi, belajar, berpikir, sekuensial (tata urutan kerja), afeksi dan asosiasi. Semua aspek-aspek tersebut merupakan faktor penting yang berperan dalam meningkatkan kemampuan otak anak dan meningkatkan kecerdasan anak.Demikianlah tips untuk meningkatkan kecerdasan anak, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5