http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 30 Maret 2015

Manfaat Renang bagi Tubuh

Manfaat Renang bagi Tubuh 

Renang merupakan olahraga air yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Selain berolahraga orang juga dapat berenang sambil berekreasi di wahana air atau waterboom.. Olahraga renang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Beberapa manfaat berenang bagi tubuh :
1. Membentuk dan menguatkan otot
Air mempunyai Kepadatan 12 kali lipat dibandingkan dengan udara sehingga setiap gerakan yang dilakukan di dalam air seolah-olah tanpa hambatan. Orang yang berenang secara teratur selama air 8 minggu membuat otot trisepnya mengalami peningkatan massa sebesar 23.8%. Berenang yang dilakukan secara teratur dengan ritme yang cepat dapat meningkatkan Ketahanan kardio, kekuatan otot , dan juga ketahanan otot.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Berenang yang dilakukan dengan rutin dapat meningkatkan efisiensi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh

3. Membakar kalori
Berenang merupakan olahraga yang cukup ampuh membakar kalori dalam tubuh. Berenang selama 30 menit mampu membakar 200-300 kalori yang ada di dalam tubuh.

4. Mencegah stres dan depresi
Ketika berenang otot-otot di dalam tubuh akan mengalami
peregangan dan relaksasi yang disertai dengan irama teknik pernafasan yang tepat, hal inilah yang mengurangi stress dan depresi. Ketika berenang tubuh melepaskan hormon endorfin, atau hormon antistres, sehingga berenang dapat mencegah stress.

5. Mencegah diabetes
Berenang yang dilakukan secara rutin dengan intensitas 3 kali per minggu selama 30 menit mampu membakar 900 kalori di dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin sehingga mencegah datangnya diabetes.

6. Memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh
Berenang secara rutin mampu memperbaiki keseimbangan antara kolesterol bak (HDL) dan kolesterol jahat (LDL) dengan cara meningkatkan kadar HDL sebesar 1 % yang mampu mencegah penyakit jantung koroner.

7. Menyembuhkan gejala asma
Air mempunyai kadar kelembaban yang baik bagi penderita gejala asma disarankan rajin berenang untuk mengurangi gejala asma yang sering datang dengan tiba-tiba. Berenang dapat mengajarkan teknik pernafasan yang tepat meningkatkan volume paru-paru.

8. Menguragi Gejala Arthritis
Ketika berada di dalam air tubuh menjadi lebih ringan, semakin banyak anggota tubuh yang tercelup ke dalam air maka tubuh juga akan semakin ringan. Kolam renang menjadi sarana yang baik sebagai tempat bekerjanya otot dan sendi yang kaku. Berenang mampu meningkatkan kerja persedian dan mencegah osteoporosis. Kolam renang air hangat sangat baik bagi penderita arthritis karena melonggarkan sendi-sendi yang kaku. Berenang juga mampu meningkatkan kekuatan tulang dan persendian terutama bagi wanita yang sudah mengalami menopause.
Demikianlah sekilas tentang manfaat berenang bagi tubuh, semoga bermanfaat.
Rating: 4.5