http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 16 Februari 2015

Sistem Gerak pada Hewan Vertebrata

Bagaimana cara hewan vertebrata bergerak ? hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Hewan vertebrata terdiri dari beberapa golongan, yaitu aves, reptilia, amphibia, ikan dan mamalia. Umumnya hewan vertebrata memiliki endoskeleton atau rangka dalam yang berguna untuk menyangga berat tubuh hewan tersebut. Tulang dan otot pada hewan bergabung membentuk endoskeleton. Bentuk endoskeleton berbeda untuk masing-masing jenis hewan.

Sistem gerak pada aves. Aves atau burung merupakan vertebrata berdarah panas yang bergerak dengan cara mengepakkan sayapnya sehingga dapat terbang di udara. Aves memiliki otot-otot terbang yang berguna untuk mengendalikan sayap pada saat terbang. Aves bergerak dengan cara mengepakkan sayap dari atas ke bawah sehingga tubuh aves akan terdorong ke atas.

Sistem gerak pada ikan berbeda dengan vertebrata yang lain karena habitatnya berbeda. Hewan yang habitatnya di air memiliki sistem gerak yang berbeda.
 Berikut karakterisitik sistem gerak hewan yang habitatnya di air :
1. Ikan memeiliki ekor dan sirip yang lebar
2. Beberapa hewan air mempunyai sirip tambahan untuk menghindari gerakan yang tidak di inginkan.
3. Hewan air memiliki bentuk yang aerodinamis untuk mengurangi hambatan ketika bergerak
4. Hewan air memilki gelembung renang, susunan otot dan tukang belakang yang fleksibel.

Sistim gerak pada amphibia, misalnya pada katak. Rangka katak terdiri dari tulang anggota gerak, tulang badan, dan tulang kepala atau tengkorak. Katak mempunyai tungkai belakang yang panjang dan otot yang kuat. Terdapat selaput renang pada tungkai katak yang berguna untuk memberikan tekanan pada air sehingga mempermudah gerakan katak saat berenang.

Reptilia mempunyai sistem gerak yang khas. Misalnya pada ular. Ular merupakan jenis reptilia yang memiliki tulang ekor, tulang badan dan tulang kepala atau tengkorak. Tulang badan pada ular tersusun dari ruas-ruas tulang belakang yang jumlahnya ratusan buah. Tulang rusuk ular dihubungkan dengan tulang belakang oleh otot otot elastis, hal inilah yang membedakan dengan vertebrata lainnya. Ular bergerak dengan merayap yaitu dengan cara meleok-leokkan tubuhnya pada tanah dan batu.

Mamalia ialah hewan yang menyusui anaknya. Mamalia ada yang hidup di darat, di laut dan di udara. Pada artikel ini hanya akan dibahas sistem gerak mamalia yang hidup di darat. Salah satu contoh hewan mamalia yang hidup di darat adalah kuda. Kuda mempunyai rangka untuk menyokong tubuhnya. Kuda dapat bergerak karena kuda mempunyai otot-otot yang menempel pada tulang-tulangnya. Pada saat kuda berlari kaki belakang kuda memberikan gerakan yang melawan tanah sehingga tubuh kuda bergerak ke depan. Kekuatan kuda terletak pada gerakan kaki belakangnya.
Demikianlah sekilas tentang sistem gerak pada verterata, semoga bermanfaat. Baca: Sistem pernapasan pada hewan vertebrata 
Rating: 4.5