http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 18 Februari 2015

Pengertian Tatasurya

Pengertian Tatasurya - Tatasurya memang sangat menarik untuk dipelajari, bahkan sejak dulu kala sudah ada teori tentang tatasurya yaitu teori geosentris dan teori heliosentris.

Teori geosentris beranggapan bahwa bumi sebagai pusat tatasurya dan semua benda-benda langit bergerak mengelilingi bumi, misalnya matahari terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. teori ini dikemukakan oleh Ptolomeus yang berhasil membuat peta benda benda langit dalam buku Almagest. Teori geosentris didukung oleh Amaximandaros, Aristoteles, Hipparchus. Teori geosentris seperti yang ditunjukkan pada gambar 1.
gambar 1
Sedangkan teori heliosentris beranggapan bahwa matahari sebagai pusat tatasurya dan semua benda-benda lagit beredar mengelilingi matahari. Teori ini dikemukakan oleh Nicolas Copernicus. Pendapat Coperncus di dukung oleh Galileo Galilei yang mengamati orbit planet menggunakan teleskop buatannya dan didukung oleh Keppler yang mengemukakan tiga hukum keppler. Teori heliosentris seperti yan ditunjukkan pada gambar 2.
gambar 2
Pada era sekarang Tata surya merupakan susunan benda langit yang terdiri dari Matahari sebagai pusat tatasurya dan delapan planet yang beredar mnelilnginya beserta satelitnya, asteroid, komet, meteor dan meteorit. Berikut ulasan dari masing-masing anggota tatasurya :
1. Matahari
Matahari
merupakan bintang yang menjadi pusat tatasurya karena dikelilingi oleh planet dan benda langit lainnya.
2. Planet
Planet merupakan benda langit yang yang beredar mengelilingi matahari dengan orbit berbentuk elips. Planet tidak memancarkan cahaya tetapi memantulkan cahaya matahari. Ada delapan planet yang beredar mengelilingi matahari. Planet planet yang massanya besar yaitu jupiter, saturnus, uranus dan neptunus. Sedangkan planet yang massanya kecil ialah mars, bumi, venus dan merkurius. Susunan planet mengelilingi matahari mulai dari yang terdekat dampai yang terjauh seperti yang ditunjukkan pada gambar 3.
gambar 3
3. Asteroid
Asteroid merupakan sekumpulan atau gugusan benda-benda langit yang menyerupai planet tetapi berukuran kecil yang juga beredar mengelilingi matahari dengan orbitnya yang terletak diantara lintasan orbit planet mars dan lintasan orbit planet jupiter.
4. Komet
Komet atau yang dikenal dengan bintang berekor merupakan benda langit yang beredar mengelilingi matahari dengan orbit yang sangat lonjong.
Misalnya Komet Halley yang muncul setiap 76 tahun sekali, Komet Encke yang muncul setiap 3,3 tahun sekali
5. Satelit
Satelit atau pengiring planet merupakan benda langit yang beredar mengelilingi planet dan berotasi di sumbu atau porosnya. Satelit bersama planet juga beredar mengelilingi matahari. Planet venus dan merkurius tidak mempunyai satelit.
6. Meteor
Meteor merupakan benda langit yang terlihat berpijar karena bergesekan dengan atmosfer bumi sehingga tampak seperti bintang jatuh.. Meteorit adalah meteor yang jatuh ke permukaan bumi.

Tata surya sudah terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Ada banyak teori pembentukan tatasurya diantaranya teori nebula, teori pasang surut, teori planetesimal, teori bintang kembar dan teori awan debu.
Demikianlah sekilas tentang pengertian tatasurya, semoga bermanfaat. Baca: Teori Pembentukan Tata Surya 
Rating: 4.5