http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 02 Februari 2015

Aplikasi Termodinamika

Aplikasi termodinamika banyak dijumpai pada alat-alat rumah tangga. Ada banyak sekali peralatan rumah tangga yang memanfaatkan konsep termodinamika. Dapatkah kamu menyebutkan alat alat yang menggunakan konsep termodinamika ?

Kulkas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang merupakan aplikasi termodinamika. Kulkas atau yang biasa disebut lemari pendingin biasa digunakan untuk menyimpan bahan bahan makanan dan minuman. Tahukah kamu bagaimana cara kerja kulkas ? kulkas bekerja dengan menguapkan bahan pendingin. Untuk melakukan proses ini kulkas mengambil panas dari ruang pendingin sehingga suhu dalam ruang pendingin akan turun. Proses peguapan ini terjadi di dalam evaporator yang berada di dalam ruang pendingin. Sirkulasi udara akan menyebabkan ruang pendingin menjadi dingin secara keseluruhan.

Dispenser yang digunakan untuk memanaskan air merupakan aplikasi termodinamika. Tahukah kamu bagaimnan dispenser bekerja ? proses pemanasan air pada dispenser berlangsung sesaat setelah air dimasukkan ke dalam tabung pemanas dispenser. Tabung pemanas ialah tabung yang terbuat dari logam dan dikelilingi oleh elemen pemanas. Tabung pemanas juga dilengkapi dengan sensor suhu. Ketika tabung pemanas di isi air, sensor suhu akan mengirimkan pesan pada tabung pemanas untuk bekerja. Elemen pemanas pada tabung pemanas akan menghasilkan suhu tinggi yang diserap oleh air yang bersuhu rendah. Setelah suhu air di dalam tabung pemanas tinggi maka sensor suhu akan memutus arus listrik pada elemen pemanas sehingga suhu air di dalam tabung tidak berlebihan. Jika suhu air terlalu tinggi dapat menyebabkan elemen pemanas rusak.

Aplikasi termodinamika yang lainnya adalah rice cooker. Rice cooker merupakan perlatan rumah tangga yang digunakan untuk memasak dan menghangatkan nasi. Rice cooker mengubah energi listrik menjadi energi panas. Rice cooker bekerja dengan memanipulasi tekanan. Ketika menanak nasi dengan cara biasa air akan mendidih pada suhu 100⁰C, tetapi tidak demikian dengan rice cooker. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa rice cooker memanipulasi tekanan, hal ini karena ricecooker mempunyai suatu lubang dan jika lubang tersebut dibuka tekanan eksternal ricecooker akan sama dengan tekanan udara di luar. Jika lubang ditutup menggunakan katup tekanan udara di dalam rice cooker akan berbeda dengan titik didih cairan. Kondisi ini menyebabkan uap air hanya berada di dalam rice cooker. Massa katup menyebabkan tekanan semakin tinggi sehingga kesetimbangan antar fase juga akan berubah yang menyebabkan terbantuknya titik didih baru. Untuk mengurangi kelebihan tekanan pada ricecooker katup akan mengeluarkan uap air.

Demikianlah beberapa contoh alat-alat rumah tangga yang merupakan aplikasi termodinamika yang sering kita jumpai.
Rating: 4.5