http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 22 Februari 2015

Anggota Tata Surya

Anggota Tata Surya - Sebelum belajar anggota tata surya, ada baiknya kita pahami dulu pengertian tatasurya itu sendiri. Tatasurya adalah sekumpulan benda-benda langit dengan salah satu bintang sebagai pusat tatasurya dan benda benda langit lainnya yang mendapat gaya gravitasi dari bintang beredar mengelilingi bintang tersebut.

Anggota tata surya terdiri dari bintang, matahari, planet dan satelit alaminya, asteroid, komet, meteor dan meteorid.

Bintang merupakan anggota tatasurya yang memancarkan cahaya sendiri. Cahaya bintang berasal dari reaksi nuklir. Masing-masing bintang menghasilkan warna yang berbeda-beda ada yang berwarna merah, kuning, orange, biru dan putih, hal tersebut dipengaruhi oleh suhu pada permukaan bintang. Semakin besar suhu pada permukaan bintang maka bintang akan berwarna biru dan putih dan tampak terang dari bumi. Dan bintang yang bersuhu rendah berwarna merah, bintang yang berwarna merah tampak redup dari bumi.

Matahari merupakan anggota tatasurya sekaligus sebagai pusat tatasurya kita. Matahari merupakan bintang yang terdekat dengan bumi. Matahari terbentuk dari gas hidrogen dan gas helium. Energi matahari dhasilkan oleh reaksi nuklir yang berlangsung pada bagian inti matahari. Matahari dibedakan atas bagian inti matahari dan lapisan kulit matahari. Pada bagian kulit matahari tersusun atas lapisan fotosfera, lapisan khromosfera, dan lapisan korona. Lapisan Fotosfera ialah lapisan matahari yang memancarkan gas ke segala arah. Lapisan khromosfera merupakan lapisan di atas lapisan fotosfera. Korona merupakan lapisan terluar matahari dan berupa lidah api yang menyala.

Planet merupakan anggota tatasurya yang tidak memancarkan cahaya sendiri. Ada 8 planet anggota tatasurya yaitu merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, neptunus dan uranus. Setiap planet berputar pada porosnya yang disebut rotasi dan bergerak mengelilingi matahari yang disebut revolusi. Periode rotasi dan revolusi masing-masing planet berbeda. Semakin jauh dari matahari semakin besar periode revolusi planet. Lintasan planet mengelilingi matahari disebut orbit. Orbit planet berbentuk elips. Beberapa planet memiliki satelit alami yaitu anggota tatasurya yang mengiringi planet. Dalam satu waktu satelit melakukan tiga gerakan sekaligus yaitu berputar pada porosnya, berputar mengelilingi planet, dan bersama planet bergerak mengelilingi matahari. Salah satu contoh satelit alami ialah bulan yang merupakan satelit alami yang dimilki oleh planet bumi. Baca: Ciri ciri anggota tata surya

Asteroid merupakan anggota tatasurya yang berupa planet planet kecil berbentuk batu dan jumlahnya sangat banyak. Asteroid juga berotasi dan berevolusi mengelilingi matahari. Orbit asteroid banyak dijumpai diantara orbit mars dan jupiter, sehingga sering disebut dengan sabuk asteroid. Tetapi ada juga beberapa asteroid yang orbitnya diluar sabuk asteroid seperti amor, apollo, trojan

Komet merupakan anggota tatasurya yang terdiri dari ekor dan kepala. Komet tersusun dari debu, gas dan es. Komet disebut juga bintang berekor. Komet bergerak mendekati matahari secara periodik dan terlihat dari bumi juga secara periodik. Misalnya komet halley yang terlihat setiap 76 tahun sekali.

Meteor merupakan anggota tatasurya yang tersusun dari bebatuan dan senyawa logam. Meteor yang masuk ke atmosfer bumi akan bergesekan dengan atmosfer bumi dan terbakar sehingga dari bumi akan terlihat seperti bintang jatuh. Meteor yang mencapai permukaan bumi disebut meteorit dan akan meninggalkan cekungan berupa kawah, seperti kawah arizona di amerika serikat.
Demikianlah sekilas tentang anggota tatasurya, semoga bermanfaat. Baca: Pembentukan dan macam macam tata surya
Rating: 4.5