http://www.informasi-pendidikan.com/

Sabtu, 27 Desember 2014

Pengertian Sumber Bunyi

Ketika kita memetik senar gitar, maka gitar akan berbunyi. Begitupun saat kita meniup seruling maka kita akan mendengar suara seruling. Senar pada gitar dan udara pada seruling di sebut sebagai sumber bunyi. Dari contoh tersebut dapatkah kamu mendefinisikan apa yang dimaksud dengan sumber bunyi?

contoh sumber bunyi

Sumber bunyi adalah semua benda yang menghasikan bunyi karena benda tersebut bergetar. seperti yang telah disebutkan di atas gitar merupaka salah satu sumber bunyi. Bunyi pada gitar berasal dari getaran senar-senar gitar yang dipetik. Saat kita memetik senar gitar maka senar gitar akan bergetar, getaran ini akan mengusik partikel udara di dalam rongga gitar. Rongga pada gitar berfungsi menampung gelombang yang dihasilkan oleh senar gitar. Gelombang bunyi ini akan memantul ketika mengenai dinding rongga gitar sehingga gelombang ini akan mengalami penguatan. Hal ini menyebabkan petikan senar gitar terdengar nyaring. Sumber bunyi pada manusia berasal dari getaran pita suara di dalam kerongkongan. Coba pegang kerongkonganmu saat berbicara ?

Sumber bunyi pada alat musik dibedakan menjdi beberapa jenis, diantaranya :
1. Idiofon
Idiofon merupakan alat musik yang
sumber bunyinya berasal dari bahan dasar alat tersebut. Alat musik ini dibunyikan dengan cara dipukul. Contoh alat musik idiofon : drum, bongo, angklung, kabasa, kolintang

2. Aerofon
Aerofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara di dalam rongga. Alat musik ini dibunyikan dengan cara ditiup. Contoh alat musik aerofon : serulling, harminika, terompet.

3. Chordofon
Chordofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik maupun digesek. Contoh alat musik chordofon : gitar, biola, sitar, kecapi, bass.

4. Membranofon
Membranofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau selaput. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. contoh alat musik membranofon : drum, kendang, rebana, tam-tam, tifa

5. Elektrofon
Elektrofon meruakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari elektronik (tenaga listrik). Contoh alat musik elektrofon : gitar listrik, bass listrik, keybord

Benda yang bergetar akan memberi energi kepada partikel-partikel di sekelilingnya, sehingga partikel di sekeliling benda yang bergetar akan ikut bergetar membentuk rapatan (daerah yang memiliki pertikel rapat) dan bentuk renggangan (daerah yang memiliki pertikel renggang), getaran tersebut akan merambat meninggalkan sumber bunyi.

Rangkaian getaran merambat yang berbentuk rapatan dan renggangan inilah yang disebut gelombang longitudinal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar, dan merambat dalam bentuk rapatan dan renggangan (gelombang longitudinal). Gelombang bunyi tidak dapat dilihat oleh mata tetapi dapat didengar oleh telinga. Gelombang bunyi merambat ke segala arah.
Rating: 4.5