http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 28 Desember 2014

Hukum II Newton

Hukum II Newton - Masih ingatkah sifat-sifat gaya ? salah satu sifat gaya adalah menyebabkan benda bergerak. Misalnya sepeda yang awalnya diam kemudian kita mengayuh sepeda , berarti kita memberikan gaya kepada sepeda tersebut. Hal ini menyebabkan sepeda akan bergerak.

mengambil air menggunakan katrol
Pada saat kita mengendarai sepeda motor. Pada awalnya sepeda motor dalam keadaan diam. Kemudian mesin motor dinyalakan dan gas ditarik maka sepeda motor akan bergerak ke depan. Semakin besar kita menarik gas maka sepeda motor akan bergerak semakin cepat.

Menurut Newton “percepatan yang dimilki benda bergerak akan sebanding dengan resultan gaya yang diberikan dan berbanding terbalik dengan massa benda” pernyataan tersebut dikenal dengan hukum II Newton.

Hukum II Newton dapat dituliskan
ΣF = m a dan a = ΣF/m,
Dengan :
ΣF = resultan gaya (Newton)
m = massa benda (kg)
a = percepatan benda (m/s2)

Jika ada gaya gesek (fg) yang bekerja pada bend maka persamaan di atas tidak berlaku lagi.
Percepatan benda apabila aa gaya gesek dituliskan :
F – fg = m a

Apabila kita mendorong dua buah balok dengan gaya yang sama. Dimana massa balok kedua adalah dua kali massa balok pertama. Berdasarkan prinsip hukum II Newton balok pertama akan memiliki percepatan yang lebih besar daripada percepatan balok kedua.

Aplikasi hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari :
1. Mengambil air dari dalam sumur menggunakan katrol.
Pada saat mengambil air dari dalam sumur kita memberikan gaya pada katrol dengan menarik tali yang menhubungkan katrol. Gaya inilah yang akan menggerakkan katrol, seperti yang ditunjukka pada gambar di atas.
2. Lift yang bergerak naik turun
Sebelum bergerak baik naik maupun turun lift dalam keadaan diam. Kemudian lift diberi gaya yang mengakibatkan lift mengalami percepatan.

Contoh soal hukum II Newton :
1. Sebuah balok dengan massa 1 kg yang awalnya diam, diberi gaya 1 Newton sehingga balok bergerak dengan kecepatan 10 m/s selama 2 detik. Tentukan percepatan balok selama bergerak !
Diketahui :
m : 10 kg
t = 2 s
v1 = 0 m/s
v2 = 10 m/s
F = 1 N
a = Δv/Δt = 10/2 = 5 m/s2
ditanya :
a . . . ?
jawab :
a = ΣF/m
a = 1/1
a = 1 m/s2

2. Sebuah benda bermassa 2 kg ditarik dengan gaya 15 Newton searah dengan gerak benda. Tentukan percepatan benda jika gaya gesekan antara benda dan lantai 1 Newton !
Diketahui :
m : 2 kg
F = 15 N
fg : 1 N
ditanya :
a . . . ?
jawab :
F – fg = m a
15 – 1 = 2 a
14 = 2a
a = 14/2
a = 7 m/s2
Rating: 4.5