http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 03 Desember 2014

Gerak lurus berubah beraturan dan gerak vertikal

Gerak Lurus Berubah Beraturan

1. Apa itu Gerak Lurus Berubah Beraturan ?
Gerak lurus berubah beraturan ialah gerak suatu benda dalam  lintasan lurus dimana besar percepatan  benda selama bergerak selalu tetap. Artinya perubahan kecepatan benda selalu sama dalam selang waktu yang sama. Misalnya mobil yang mula-mula bergerak dengan kecepatan 5 m/s, pada detik pertama kecepatan mobil menjadi 10 m/s, pada detik kedua mobil bergerak dengan kecepatan 15 m/s dan untuk detik berikutnya kelajuan mobil bertambah 5 m/s. Berdasarkan nilai percepatannya gerak lurus berubah beraturan dibedakan menjadi dua yaitu gerak lurus berubah beraturan dipercepat dan gerak lurus berubah beraturan diperlambat. Nilai percepatan pada gerak lurus berubah beraturan diperlambat negatif karena pada akhirnya benda menjadi berhenti. Percepatan yang bernilai negatif dikenal dengan perlambatan.
Misal sebuah partikel bergerak dengan percepatan konstan, partikel tersebut bergerak dengan kecepatan awal sebesar v0, setelah menempuh selang waktu tertentu kecepatan partikel menjadi sebesar:
vt = v0 + at…………….(1)
Dengan kecepatan awal sebesar v0, kecepatan akhir sebesar vt, selama selang waktu t, maka jarak tempuh partikel itu dapat ditentukan dengan persamaan :

x = v0t + ½ at2………..(2)
Dengan substitusi persamaan 1 ke persamaan 2 diperoleh:

vt2 = v02 + 2ax

2. Gerak vertikal

a. Gerak jatuh bebas

Gerak jatuh bebas adalah gerak banda tanpa kecepatan awal (V0 = 0). Menurut Gallileo benda yang mengalami gerak jatuh bebas mengalami percepatan konstan yang besarnya sama dengan percepatan gravitasi bumi. Contoh gerak jatuh bebas dalam kehidupan sehari-hari ialah buah mangga yang jatuh dari pohonnya.

Gerak Jatuh Bebas
Persamaan pada gerak lurus dengan percepatan konstan juga berlaku pada gerak
jatuh bebas ini. Namun, pada gerak vertical, termasuk gerak jatuh bebas, percepatan benda sama dengan percepatan gravitasi bumi. Maka dalam persamaan digunakan percepatan gravitasi bumi (g) besaran jarak (x) biasanya juga digantikan dengan ketinggian (h), Persamaan pada gerak jatuh bebas dituliskan :

vt = gt

h = 1/2gt2

v2 = 2gh


b. Gerak Vertikal ke atas

Gerak vertikal ke atas ialah gerak suatu benda yang dilempar ke atas dengan kelajuan awal tertentu. Semakin ke atas kelajuan benda semakin berkurang dan akan bernilai nol ketika benda berada pada tiik tertinggi dan akhirnya benda jatuh bebas. Dalam hal ini, percepatan gravitasinya bernilai negatif karena berlawanan dengan arah gerak benda. Gerak vertikal ke atas merupakan gerak lurus dengan percepatan konstan persamaan-persamaan pada gerak vertikal ke atas :

Gerak vertikal ke atas

v = v0 - gt
h = v0t – 1/2gt2
v2 = v02 – 2gh
contoh gerak vertikal ke atas adalah batu yang di lempar ke atas.

c. Gerak Vertikal ke bawah

Gerak vertikal ke bawah adalah gerak sebuah benda yang dilempar ke arah bawah dengan kecepatan awal tertentu. Pada gerak vertikal ke bawah percepatan gravitasi bumi bernilai positif karena searah dengan arah gerak benda. Pada gerak vertikal ke bawah berlaku persamaan-persamaan berikut;
vt = v0 + gt
h = v0t + 1/2gt2
vt2 = v02 + 2gh
contoh gerak vertikal ke bawah adalah bola yang di jatuhkan ke bawah dari puncak gedung
gerak vertikal ke bawah
Rating: 4.5