http://www.informasi-pendidikan.com/

Selasa, 02 Desember 2014

Cara Menulis Bahasa Korea

Saat kita ingin belajar bahasa korea alangkah lebih baiknya jika kita juga belajar cara menulis bahasa korea. Dengan belajar cara menulis bahasa korea akan memudahkan kita untuk dapat mengucapkan bahasa korea dengan lebih baik. sama seperti belajar menulis arab, Penulisan bahasa korea memang terkesan rumit, namun jika kita dalami dan serius mempelajarinya maka tidak akan serumit seperti yang kita bayangkan.

Pertama yang harus anda pelajari saat akan belajar menulis bahasa korea adalah mengenal huruf atau alfabet hangul. Alfabet hangul terdiri dari 14 karakter konsonan dasar, 5 konsonan ganda, 6 vokal dasar dan 15 vokal turunannya. Setiap karakter hangul terdiri dari 2 buah unit atau lebih. Unit-unit tersebut merupakan gabungan dari beberapa buah huruf konsonan dan huruf vokal.

Cara menulis bahasa korea atau huruf hangul penyusunan setiap unitnya pada umumnya dari atas ke bawah atau dari atas kekanan lalu kebawah.

14 huruf konsonan dasar hangul :

ᄀ( g) ᄂ(n) ᄃ(d) ᄅ( r/l) ᄆ( m) ᄇ( b) ᄉ(s)

ᄋ(-, ng) ᄌ(j) ᄎ(ch) ᄏ(k) ᄐ(t) ᄑ(p) ᄒ(h)

Konsonan gabungan atau konsonan ganda

ㄲ (kk) ㄸ (tt) ㅃ(pp)
ㅆ(ss) ㅉ(jj)

10 huruf vokal dasar

ᅡ(a) ᅣ(ya) ᅩ(o) ᅭ(yo) ᅵ(i) ᅥ(eo) ᅧ(yeo) ᅮ(u) ᅲ(yu) ᅳ(eu)

Huruf vokal gabungan

ㅐ(ae) ㅒ(yae) ᅪ(wa) ᅫ(wae) ᅰ(we) ᅱ(wi) ᅴ(ui) ㅔ(e) ㅖ(ye) ᅬ(oe) ᅯ(wo)

Itulah huruf – huruf pada bahasa dan tulisan korea. Untuk menulis sebuah karakter hangul menggabungkan beberapa huruf tersebut. Untuk mempermudah belajar cara menulis bahasa korea ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan :

1. Setiap tulisan huruf hangul selalu diawali dengan huruf konsonan pad tiap kata atau karakter, lalu diikuti oleh huruf vokal.

2. Setiap kata terdiri dari beberapa huruf konsonan dan vokal dengan penulisannya dari kiri ke kanan atau bisa juga dari atas ke bawah.

3. Huruf vokal dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu huruf vokal vertikal dan huruf vokal yang horizontal.

Huruf vokal vertikal merupakan huruf vokal yang penulisannya tegak : ᅡᅣᅥᅧᅵ,

Huruf vokal horizontal merupakan huruf vokal yang penulisannya mendatar : ᅩ ᅭ ᅮ ᅲ ᅳ

4. Penulisan huruf vokal vertikal yaitu di sebelah kanan huruf konsonan yang pertama atau bersebelahan dengan huruf konsonan.

5. Penulisan huruf vokal horizontal yaitu di bawah huruf konsonan yang pertama.

6. Meskipun penulisan huruf hangul harus diawali dengan huruf konsonan bukan berarti kita tidak bisa menuliskan kata yang diawali dengan huruf vokal. Caranya yaitu menambahkan konsonan ᄋyaitu konsonan yang tidak berbunyi didepan huruf vokal. Apabila konsonan ᄋ diletakkan diakhir kata maka bunyinya menjadi ng.

Itulah beberapa cara mudah untuk belajar cara menulis bahasa korea. Semoga saja artikel ini dapat membantu anda dalam mempelajari bahasa korea. Selamat belajar dan semoga cepat pandai menulis dan berbahasa korea.
Rating: 4.5