http://www.informasi-pendidikan.com/

Minggu, 21 Desember 2014

Butuh Aplikasi Menulis Arab? Download di Sini

Saat ini belajar menulis arab tidak harus belajar langsung ke guru pengajar, tetapi bisa belajar sendiri di rumah. Anda bisa mendownload aplikasi cara menulis arab melalui PC atau laptop Anda. Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah, aplikasi ini sebagai penunjang untuk memperlancar menulis huruf arab. Bagi Anda yang tidak bersekolah lagi, aplikasi menulis arab ini sebagai pembelajaran yang modern mulai dari latihan penulisan per huruf sampai merangkai ayat. Sebelum mendownload aplikasi ini tentunya harus terkoneksi internet terlebih dahulu.

Berikut beberapa aplikasi untuk menulis arab yang bisa Anda download:

1. Software ArabicPad

Software ini merupakan software untuk mengetik huruf atau karakter arab dengan mudah. Anda membutuhkan koneksi internet hanya untuk mendownload. Setelah terinstal, tidak perlu koneksi internet lagi. Anda dapat mengunduhnya di halaman download berikut ini: http://ebsoft.web.id/go/arabic-pad/. Aplikasi menulis arab ini akan memudahkan belajar Anda, karena karakternya yang mudah dipahami dan juga ada petunjuk bagaimana cara pengetikannya. Tampilannya mirip dengan notepad bawaan windows. Akan tetapi software ini di desain khusus hanya untuk mengetik huruf atau karakter arab. Setelah selesai mengetik arab, Anda copy dan tempelkan kaata atau ayat tersebut di microsoft word.

2. Koneksi Online

Cara ini tidak bisa diterapkan bagi Anda yang tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Situs yang menyediakan penulisan arab secara online yaitu yamli.com. Ada pula aplikasi yang tidak membutuhkan koneksi internet , hanya mendownload aplikasinya dan menginstalnya. Link situs tersebut adalah http://www.arabic-keyboard.org/. Aplikasi menulis arab ini tidak perlu diinstal tetapi perlu on line terus. Setelah diketik dan ditranslite, copy dan tempelkan di microsoft word. Akan tetapi cara ini tidak di rekomendasikan untuk orang yang akan menulis bahasa arab dalam jumlah besar karena akan membutuhkan waktu sangat sangat lama dan membosankan.

Apakah Anda memakai gadget Android? Sudah bisa menggunakan Aplikasi untuk menulis bahasa Arabnya? Apabila belum, berikut ini langkah-langkah
pengoperasiannya:

1. Langkap pertama masuklah ke menu “setting” atau “pengaturan”
2. Pilih “Language & Input” atau “Bahasa & Masukan”
3. Pilih “Language” atau “Bahasa”
4. Apabila ada pilihan bahasa, maka pilihlah yang “Arabic” kemudian centrang
Keterangan : Apabila gadget Anda tidak ada apliksinya, maka ponsel atau tablet Anda tidak dapat mendukung untuk  penulisan bahasa Arab.

Apabila Aplikasi gadget  Anda  tidak mendukung untuk menulis Arab, jangan menyesal. Anda dapat memfungsikan aplikasi ini “MultiLing Keyboard”. Coba menggunakan “Google Playstore”, kemudian lakukan pencarian, ketik ‘MultiLing Keyboard’, kemudian downloadlah. Pada aplikasi ini perlu disetting lagi. Setelah diklik akan muncul  tampilan awalnya. Selanjutnya ikuti petunjuk pada tampilan gadget Anda. Apabila waktu mengetik bahasa Arab tampilannya terputus-putus maka masuklah ke  “MultiLing” ini.
1. Langkah pertama diklik bagian Keyboard Settings
2. Kemudian geserlah layar kebawah, klik yang ‘Non-Latin’ -Settings
3.Langkah terakhir klik tulisan ‘Connect Arabic’.
Rating: 4.5