http://www.informasi-pendidikan.com/

Kamis, 18 Desember 2014

Belajar Bahasa Jepang Dasar untuk Pemula

Belajar bahasa Jepang dasar yaitu mempelajari bahasa Jepang dari huruf-huruf dasarnya yang dibagi menjadi tiga jenis. Awal belajar bahasa Jepang untuk pemula yaitu memahami semua hurufnya agar dapat merangkai kata dan kalimat.
Berikut huruf dasar bahasa Jepang untuk Pemula:

1. Hiragana

Huruf hiragana yaitu huruf dasar bahasa Jepang. Belajar bahasa Jepang untuk pemula wajib mempelajari huruf-huruf ini. Pelajari dengan teliti tabel Hiragana berikut.

Jika di sebelah atas tulisan hiragana ditambahkan tanda petik atau bulatan bunyinya berbeda pula.

2.Katakana

Belajar bahasa Jepang untuk pemula terarahkan pada huruf pendukungnya yaitu katakana. Huruf ini seringkali difungsikan untuk penulisan kata-kata setrapan atau asing. Huruf dasar Jepang tidak mengkover seluruh huruf dari bahasa negara d dunia. Alasan tersebut yang memutar otak orang Jepang berinisiatif menciptakan beberapa huruf khusus untuk melafalkan bunyi yang tidak ada di aksara dasar Jepang. Huruf katakana seringkali dimanfaatkan untuk penulisan nama penduduk asing. Struktur bahasa Jepang tidak ada pengucapan huruf ‘f’, ‘z’ dan beberapa lainnya sehingga dibutuhkan tambahan
gabungan huruf.

3. Kanji

Huruf Kanji merupakan huruf-huruf dasar dan pertama dibuat oleh bangsa Cina. Huruf Kanji Cina dan Jepang sama persis tidak ada bedanya. Akan tetapi, kanji yang diberlakukan Cina sampai jaman modern ini adalah kanji yang sudah dimodifikasi dengan tujuan memudahkan pembelajaran. Namun, di era yang sudah maju ini bangsa Jepang masih membudayakan kanji dengan bentuk aslinya. Cara membaca satu kata kanji bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan penggunaan kalimatnya. Ada dua aturan membaca huruf kanji yaitu kunyomi dan onyomi. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan cara baca asal negaranya. Huruf kunyomi adalah cara membaca yang digunakan oleh bangsa Jepang sedangkan Cina menyebutnya onyomi. Kunyomi tertuju untuk kata kerja, sementara onyomi untuk kata kombinasi.

Belajar bahasa Jepang sebagai dasar komunikasi sehari-hari untuk mengenal negeri sakura tersebut. Dengan alasan tersebut, maka belajar bahasa Jepang untuk pemula harus benar-benar dipelajari mulai dari huruf-hurufnya yang tergolong komplek. Setelah paham huruf – hurufnya , yang perlu Anda pelajari selanjutnya adalah tata bahasa dasar seperti akhiran, partikel-partikel dasar, wa, ga, e , ni, ne, yo, kara, node, dan lainnya. Bentuk penulisan ada bentuk baku, bentuk lampau, negatif dan lainnya. Kosakata yang sering ditemui dan salam- salam umum juga harus dipelajari. Setelah paham materi apa saja yang harus dipelajari, Anda bebas memulai dari mana belajar bahasa Jepang. Semakin banyak waktu yang Anda sempatkan untuk belajar bahasa Jepang maka semakin cepat juga kesempatan Anda untuk bisa berbahasa Jepang. Luangkan waktu sebaik mungkin untuk belajar bahasa Jepang.
Rating: 4.5