http://www.informasi-pendidikan.com/

Senin, 10 November 2014

Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak

Pentingnya pendidikan karakter di sekolah adalah untuk membantu memaksimalkan kemampuan kognitif pada anak. Pada dasarnya, pendidikan yang diterapkan pada sekolah-sekolah menuntut untuk dapat memaksimalkan kemampuan dan kecakapan kognitif. Jika memandang pengertian seperti yang telah dijelaskan di atas, ada sebuah hal yang sangat penting yang sering kali terlewatkan oleh para guru, yaitu mengenai pendidikan karakter. Pendidikan karakter memiliki peran yang amat penting untuk menyeimbangkan antara kemampuan kognitif dengan kemampuan psikologis.

Pentingnya Pendidikan Karakter Anak

Ada sebuah semboyan atau kata-kata bijak yang menyatakan bahwa ilmu tanpa agama adalah buta, sementara agama tanpa ilmu sama saja dengan lumpuh. Kata-kata ini bisa memiliki pengertian yang sama dengan pendidikan kognitif yang tidak disertai pendidikan karakter adalah buta. Seseorang yang kaya raya akan bertindak tidak dermawan jika tidak memiliki pendidikan karakter, begitu juga politisi akan bersikap seperti politikus yang tidak tahu diri dan biadab atau juga seorang guru yang tidak pernah merasa prihatin melihat anak jalanan yang tidak dapat memperoleh ilmu di sekolah. Pentingnya pendidikan karakter adalah untuk menyeimbangkan kemampuan kognitif seseorang.

Pendidikan karakter ini memang sangat penting bagi sistem pendidikan di Negara tercinta kita ini. Pendidikan karakter akan dijadikan sebagai landasan dalam upaya pembentukan kualitas karakter bangsa Indonesia. Kemampuan kognitif tanpa pendidikan karakter yang kuat akan menghasilkan pribadi yang mudah dihasut, sehingga akan menghambat kemajuan bangsa Indonesia. Pentingnya pendidikan karakter bermanfaat untuk menghasilkan pribadi yang tidak mengabaikan nilai sosial, seperti toleransi, tanggung jawab, dan yang lainnya sehingga terciptalah pribadi yang berkarakter unggul.

Pendidikan karakter sebaiknya dirumuskan secara jelas dan nyata pada kurikulum, selanjutnya dapat diterapkan pada metode pengajaran, dan dapat dipraktikan secara langsung di dalam proses belajar mengajar. Selain itu, lingkungan keluarga dan masyarakat juga memiliki peranan penting dalam rangka pembentukan karakter anak. oleh karena itu, semua elemen sekolah, keluarga, dan masyarakat sebaiknya mengetahui pentingnya pendidikan karakter anak demi terciptanya bangsa yang berkarakter sesuai pancasila. Pendidikan karakter tidak akan terwujud tanpa dukungan berbagai elemen ini.
Rating: 4.5