http://www.informasi-pendidikan.com/

Rabu, 05 November 2014

Pengertian Pendidikan Karakter

Karakter berkaitan dengan akhlak, etika, atau nilai yang bersumber pada moralitas, memiliki konotasi yang positif. Pengertian pendidikan karakter menurut KBBI adalah sifat-sifat psikologis, tingkah laku atau budi pekerti yang menjadi ciri khas seseorang. Karakter pada individu selalu memiliki perbedaan, sehingga karakter seseorang dapat digunakan sebagai pembeda antara orang satu dengan orang yang lain. Karakter secara keseluruhan dapat terpancar dari hasil pemikiran, olah jiwa, olah rasa, olah karsa, serta olahraga seseorang maupun sekelompok orang.

Pengetian Pendidikan Karakter Tingkat Dasar

Pengertian pendidikan karakter untuk tingkat dasar sebaiknya menitikberatkan pada sikap dan ketrampilan dibandingkan dengan ilmu pengetahuan lainnya. Pada pendidikan tingkat dasar inilah seorang anak diharapkan dapat tumbuh menjadi sosok yang memiliki karakter. Pendidikan karakter ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pada seseorang berkaitan dengan sikap dan tingkah laku yang lebih baik pada tingkatan pendidikan selanjutnya. Hal ini dikarenakan semakin tinggi tingkatan pendidikan seseorang maka ilmu yang diperolehnya pun akan sangat banyak yang tentunya akan menimbulkan efek tertentu yang lebih besar. Apabila anak telah landasan pendidikan karakter yang kuat, maka anak akan mudah menentukan sikap atas segala permasalahan yang akan ia hadapi mendatang.

Ilmu mengenai pendidikan karakter harus dimiliki oleh seseorang sebagai alat yang sangat penting dalam proses pergaulan di masyarakat. Pengertian pendidikan karakter yang dipahami dengan benar akan mampu menjadi benteng atas pengaruh buruk lingkungan yang sering kali seseorang hadapi, seperti kebiasaan mencontek, tawuran, berbohong, dan yang lainnya. Dengan pendidikan karakter yang benar, diharapkan beberapa hal buruk ini dapat dihindari oleh seseorang, sehingga seseorang dapat menjadi orang yang benar-benar berkarakter.

Faktor utama yang mendukung proses pendidikan karakter adalah orang tua. Hal ini dikarenakan orang tua adalah tokoh pertama yang akan menjadi contoh bagi anaknya. Keteladanan yang diajarkan orang tua sejak anak masih kecil akan selalu terpatri dalam pikiran dan hati anaknya sehingga mampu mencegah anak melakukan perbuatan yang tidak baik. Pengertian pendidikan karakter harus benar-benar ditanamkan oleh orang tua kepada anaknya.
Rating: 4.5